Solo (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Surakarta akan meluncurkan aplikasi wisata yang berisi destinasi wisata serta kuliner yang ada di Kota Solo.
     
"Rencananya pada bulan September 2018 kami akan meluncurkan aplikasi 'mobile'," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan di Solo, Minggu.
   
Ia mengatakan saat ini aplikasi tersebut sedang dalam proses penyelesaian serta penyempurnaan. Menurut dia, aplikasi tersebut nantinya akan memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Solo.
   
Menurut dia, nantinya aplikasi tersebut secara otomatis akan terhubung dengan aplikasi "google maps" sehingga pengguna akan dimudahkan dalam menjangkau destinasi wisata tersebut.
   
 "Nantinya dalam aplikasi tersebut akan tampil profil lokasi tempat publik, wisata, dan kuliner," katanya.

Meski tidak menyebutkan angka pasti, dikatakannya, untuk anggaran pembuatan aplikasi tersebut tidak membutuhkan biaya mahal. 
     
"Kalau secara keseluruhan pada tahun ini anggaran untuk promosi wisata Solo sebesar Rp2 miliar, itupun belum optimal," katanya.
     
Ia mengatakan dengan menggunakan teknologi aplikasi tersebut setidaknya biaya promosi dapat lebih murah, efektif, dan efisien untuk mempromosikan wisata Kota Solo.
   
"Selain biaya lebih murah, dengan adanya aplikasi ini sekaligus menyesuaikan perilaku pasar industri wisata yang hampir semuanya telah terdigitalisasi," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024