Solo (Antaranews Jateng) - PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) Cabang Surakarta sudah memulai proses "enrollment" atau pengambilan data penerima pensiun seiring dengan penerapan produk digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun bernama Taspen Smart Card.

"Terkait penerapan ini masyarakat menyambut positif, bahkan dalam satu hari kami bisa melayani hingga 200 peserta," kata Kepala PT Taspen??Kantor Cabang Surakarta Moch Ariansyah di Solo, Jumat.

Ia mengatakan pada proses tersebut, beberapa prosedur yang dilakukan dengan melibatkan peserta, di antaranya perekaman wajah, perekaman suara, dan sidik jari.

"Termasuk status hidup pensiunan, ini untuk autentifikasi data," katanya.

Ia mengatakan sebetulnya secara keseluruhan proses "enrollment" wilayah Surakarta akan dimulai pada Agustus 2018 dengan melibatkan Mitra Taspen.

Meski demikian, kata dia, pada tahap awal ini proses "enrollment" baru dilaksanakan di Taspen Kantor Cabang Surakarta.

"Sosialisasi terus kami lakukan, harapannya dalam waktu dekat seluruh peserta PT Taspen sudah terdaftar di proses `enrollment` ini," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro?mengatakan Taspen Smart Card merupakan digitalisasi pelayanan untuk mempermudah autentikasi peserta serta pemantauan dan pelaporan penyelenggaraan pembayaran pensiun.

Menurut dia, program digitalisasi tersebut akan membantu penerima pensiun karena yang bersangkutan tidak harus datang ke bank, akan tetapi tetap bisa dilayani untuk mendapatkan dana pensiun.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024