Magelang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Magelang mencanangkan Program Balita Gemar Menabung (Balibung) untuk membiasakan anak-anak sejak dini mengerti tentang perencanaan keuangan, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkot Magelang Wulandari.

"Uang hasil menabung ini nantinya akan dipergunakan untuk membeli susu, membeli keperluan pendukung gizi anak. Program itu termasuk peran PKK dalam mewujudkan Magelang sebagai Kota Layak Anak," kata dia di Magelang, Kamis.

Pencanangan Program Balibung oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2018 tingkat Kota Magelang di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali kota Magelang.

Ia menjelaskan tentang Program Balibung yang dilaksanakan di setiap pos pelayanan terpadu di kota itu, di mana ditempatkan celengan di meja khusus selain tempat pemeriksaan kesehatan balita.

Celengan itu, katanya, untuk tempat balita menabung uang recehan (bukan uang kertas).

"Tujuannya untuk mendidik anak agar hemat, membangun semangat kegotongroyongan anak dan ibu-ibu," katanya.

Ia mengatakan program tersebut telah dirintis setengah bulan terakhir di beberapa posyandu, seperti di Kelurahan Wates, Kramat Utara, dan Kramat Selatan. Kota Magelang meliputi 17 kelurahan dan tiga kecamatan.

Melalui pencanangan tersebut, katanya, Program Balibung akan menjadi gerakan menyeluruh di setiap posyandu.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengapresiasi kreativitas dan inovasi kegiatan Tim Penggerak PKK dengan melahirkan Program Balibung melalui posyandu.

"Melalui Program Balibung, mudah-mudahan kita dapat membiasakan perilaku hidup yang `gemi, nastiti`, yakni hemat, cermat, dan hati-hati. Saya minta agar masyarakat dapat berpartisipasi, mendukung, dan menyukseskan program ini sehingga dapat dirasakan manfaatnya langsung," katanya.

Pada peringatan Hari Keatuan Gerak PKK itu, Wali Kota Sigit juga menyerahkan hadiah sejumlah lomba, antara lain lomba bidang perilaku hidup bersih sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah, posyandu tingkat provinsi, tertib administrasi tingkat provinsi, inovasi pengelolaan posyandu tingkat Kota Magelang, PKK KB Kesehatan tingkat Kota Magelang, lingkungan bersih dan sehat tingkat Kota Magelang. (hms)
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024