Kudus (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Kudus menyiapkan 243 pangkalan elpiji tiga kilogram sebagai pangkalan siaga untuk melayani masyarakat selama libur Lebaran 2018.

"Ratusan pangkalan elpiji siaga tersebut, tersebar di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus," kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi, dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno di Kudus, Senin.

Lokasi itu di antaranya Kecamatan Kaliwungu, Kota, Dawe, Gebog, Undaan, Mejobo, Jekulo, Bae, dan Jati dengan jumlah stok masing-masing kecamatan bervariasi.

Dengan ditunjuknya mereka sebagai pangkalan siaga, kata dia, maka stoknya diupayakan tetap tersedia hingga ada pasokan lagi dari pihak agen.

Ia mengingatkan pangkalan elpiji tiga kilogram yang ditunjuk sebagai pangkalan siaga mematuhi kesepakatan, di antaranya mengutamakan konsumen rumah tangga.

Nantinya, kata dia, pemantauan di lapangan akan dilakukan guna mengecek kepatuhan mereka.

"Jika mendapatkan pangkalan elpiji siaga menjual ke pengecer sehingga stok tidak tersedia tentunya akan diambil tindakan," ujarnya.

Hasil pengecekan awal, kata dia, stok elpiji di sejumlah pangkalan elpiji siaga memang tersedia.

Selain tersedia pangkalan elpiji siaga, katanya, sejumlah SPBU di Kabupaten Kudus juga melayani penjualan elpiji tiga kilogram selama 24 jam.

"Tujuan adanya pangkalan siaga, untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan elpiji bersubsidi selama libur Lebaran," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, pangkalan elpiji tiga kilogram yang ditunjuk sebagai pangkalan siaga juga mendapatkan tambahan alokasi elpiji. Kabupaten Kudus mendapatkan tambahan stok elpiji tiga kilogram sebanyak 5.000 tabung.

Tambahan alokasi elpiji secara fakultatif tersebut, kata Imam, untuk antisipasi lonjakan permintaan.

Alokasi sebanyak itu, selanjutnya didistribusikan ke sejumlah pangkalan yang ditunjuk sebagai pangkalan siaga secara bervariasi.

"Sepanjang libur Lebaran, diharapkan mereka tetap buka dan melayani masyarakat yang membutuhkan elpiji bersubsidi tersebut," ujarnya.

Penyaluran elpiji tiga kilogram di Kabupaten Kudus melalui sembilan agen dengan jumlah 825 pangkalan. Sebanyak sembilan agen elpiji tersebut, yakni PT Bahtera Agung Sentosa, PT Lentera Cahaya Migas, PT Pelita Harapan, PT Aminah Maju Jaya, PT Bahagia Santosa, PT Dwi Audrine Putri, PT Ngupoyo, PT Lutfi Andalusia, dan PT Explorindo Solusi Gasindo.

 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024