Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya potensi kekeringan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah bagian Timur dan Selatan mulai bulan Juni dasarian I.

"Berpotensi terjadi kekeringan lahan di Jawa Tengah bagian Timur dan Selatan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Senin.

Dia menyebutkan, pada dasarian I, daerah-daerah yang berpotensi kekeringan antara lain Kebumen, Purworejo, Sukoharjo, Karanganyar, dan Wonogiri.

Kendati demikian, BMKG juga memprakirakan pada saat ini hingga seminggu ke depan masih terjadi potensi curah hujan yang sifatnya lokal dan terkadang disertai cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

"Potensi hujan dengan kriteria rendah 0-50 milimeter masih berpeluang terjadi di sejumlah wilayah hingga sekitar seminggu ke depan," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa pada hari ini, sejumlah wilayah di Jawa Tengah diprakirakan cerah berawan, dan sebagian lainnya diprediksi hujan dengan intesitas ringan dan bersifat lokal.

"Hujan ringan lokal berpotensi terjadi di Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kajen, Slawi, Magelang, Bumi Ayu dan Majenang," katanya.

Pada umumnya potensi hujan terjadi pada sore hingga awal malam hari.

Sementara wilayah lainnya pada umumnya cerah berawan.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024