Demak, (Antaranews Jateng) - Warga Desa Bremi Kecamatan Mijen, Kabuaten Demak Jawa Tengah mendapatkan layanan kesehatan berupa cek gula darah, kolesterol, asam urat, dan pengobatan gratis.

Keterangan tertulis yang diperoleh dari Lestari Moerdijat selaku  Koordinator Wilayah Partai NasDem Jateng dan D.I. Yogyakarta, Senin, menyebutkan sebanyak 118 warga setempat memanfaatkan layanan kesehatan yang diprakarsai oleh partai tersebut.

"Warga antusias dan tertib menunggu giliran dipanggil untuk diperiksa tim medis," kata Lestari yang akrab disapa Rerie itu.

Bagi mereka, katanya, progam maupun kegiatan ini sangat membantu kesehatan mereka karena peserta bisa mendapatkan pelayanan sekaligus pengobatan gratis.

Dalam kesempatan tersebut, petugas medis juga menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan saat menunailan puasa Ramadan.

Dalam layanan kesehatan masyarakat yang diadakan setiap minggunya itu, tim medis memberi penyuluhan tentang penyakit maag di saat puasa kepada warga.

Gastritis atau yang sering orang awam penyakit maag adalah suatu peradangan pada lambung oleh karena iritasi, infeksi dan ketidakteraturan pola makan misalnya telat makan atau makan makanan yang banyak bumbu atau pedas.

Selain itu tim medis juga memberi tahu soal gejala-gejala penyakit maag.

Gejala-gelala maag meliputi mual, muntah, perut terasa kembung, malas makan, nyeri ulu hati sampai terasa perih dan panas.

Tim medis memberikan tips agar terhindar dari penyakit maag, yaitu dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung gas seperti kol, labu, kecambah, bawang putih, buah pir, nangka, olahan yang banyak ragi seperti tempe dan lain-lain.

Kurangi makanan yang terlalu pedas, kecut/masam, kopi, stop konsumsi alkohol, merokok, jamu, coklat, dan minuman bersoda. ***


Pewarta : Akhmad Nazaruddin L
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024