Pekalongan (Antaranews Jateng) - Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, dalam sepekan terakhir ini ramai seiring dengan berlabuhnya kapal nelayan setelah dua bulan hingga tiga bulan melaut.

Kepala TPI Kota Pekalongan Sugiyo di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa aktivitas lelang ikan boleh dikatakan semakin menggeliat sejak pekan pertama Mei 2018 seiring dengan berlabuhnya sejumlah kapal nelayan di Pelabuhan TPI.

"Adapun hasil tangkapan ikan nelayan yang dilelang di TPI didominasi ikan tongkol hitam, layang, lemuru, cumi, dan kembung," katanya.

Ia mengatakan ikan tongkol hitam merupakan jenis ikan dengan kualitas bagus untuk konsumsi masyarakat sehingga harganya juga cukup bagus.

"Meski stok ikan tongkol relatif cukup melimpah tetapi harga ikan jenis tersebut ikut naik karena permintaan masyarakat dari luar daerah terhadap ikan itu cukup besar," katanya.

Menurut dia, harga ikan tongkol hitam sebelumnya hanya Rp19 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp22 ribu per kilogram sedang harga ikan lainnya relatif stabil.

"Saat ini, ikan tongkol hitam lebih banyak dikirim atau dijual ke laur daerah karena harganya cukup tinggi," katanya.

Ia mengatakan aktivitas lelang ikan di TPI akan semakin ramai apabila kapal nelayan ukuran besar diperbolehkan di Laut Jawa oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Dengan adanya peraturan Kementrian Kelautan dan Perikanan terhadap larangan kapal ukuran besar atau kapal jenis purse saine beroperasi di Laut Jawa maka banyak kapal jenis itu melelang ikan di luar TPI," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024