Solo (Antaranews Jateng) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunda peresmian KA Solo Express yang sedianya akan melayani perjalanan rute Solo Balapan-Kuotarjo.
     
"Saat ini kami masih menunggu jadwal yang tepat bagi para pejabat berwenang yang akan meresmikan KA ini, di antaranya Menteri Perhubungan, Direktur Utama PT KAI, serta Wali Kota Surakarta," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Solo, Kamis.
     
Sejauh ini, pihaknya belum dapat memastikan penundaan peresmian ini akan sampai kapan.
     
"Meski demikian, harapan kami secepatnya dapat diresmikan sehingga masyarakat juga segera bisa memanfaatkannya," katanya.
     
Selain itu, pihaknya juga berharap dengan beroperasinya KA tersebut dapat mengurai kepadatan KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang selama ini juga melayani rute tersebut. Sebagaimana diketahui, tingkat keterisian KA Prameks saat ini rata-rata di angka lebih dari 100 persen.
     
Terkait dengan sarana KA Solo Express, saat ini pihaknya masih dalam proses mematangkan sambil menunggu jadwal pasti peresmiannya.
     
Sementara itu, nantinya akan ada proses uji coba KA baru keluaran PT Industri Kereta Api (INKA) tersebut. Setelah proses uji coba, dikatakannya, proses selanjutnya yaitu sertifikasi.
   
 Ia mengatakan sertifikasi tersebut mulai dari sarana yang ada dalam armada KA hingga kesiapan sumber daya manusia (SDM) atau awak KA.
     
Untuk proses sertifikasi sendiri, dikatakannya, merupakan kewenangan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
     
Sebelumnya, direncanakan KA tersebut akan diresmikan pada hari Jumat (11/5). Selama tiga hari perjalanan pertama, dikatakannya, PT KAI yang menggratiskan tiket kepada para penumpang.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024