Banjarnegara, 3/5 (Antara) - Gempa bumi berkekuatan 2,9 SR mengguncang wilayah Kalibening, Banjarnegara, Jawa Tengah, kata Kepala Stasiun Geofisika (BMKG) Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie.

"Wilayah Kecamatan Kalibening, Banjarnegara diguncang gempa tektonik, pada Kamis pukul 09.46 WIB," katanya di Banjarnegara, Kamis.

Gempa bumi tersebut, kata dia, berpusat di darat pada koordinat 7,20 LS dan 109,69 BT, pada jarak 6 kilometer Timur Kalibening, Banjarnegara, pada kedalaman 15 kilometer.

"Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempa (SIG) BMKG atau II MMI di wilayah Banjarnegara dan Pekalongan," katanya.

Gempa, menurut dia, dipicu oleh aktivitas sesar lokal.

"Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Banjanegara bahwa di daerah tersebut guncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang dan hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa. Jika ditinjau dari lokasi pusat gempanya, gempa berada di darat yang diakibatkan oleh aktivitas patahan lokal," katanya.

Terkait hal tersebut, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang.

"Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya isu yang tidak bertanggung jawab, tetap ikuti arahan pihak terkait atau BPBD setempat dan jika membutuhkan informasi terkini terkait gempa bumi bisa menghubungi kantor BMKG terdekat," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024