Solo (Antaranews Jateng) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional VI Yogyakarta mengubah jadwal pemberangkatan KA Batara Kresna yang melayani rute Solo-Wonogiri untuk mendongkrak tingkat keterisian penumpang.

"Jika sebelumnya untuk pemberangkatan KA Barata Kresna dari Stasiun Purwosari ke Wonogiri jam 04.00 WIB, nantinya akan berangkat pukul 06.00 WIB," kata Pejabat Humas Manager PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Solo, Selasa.

Untuk arah balik atau dari Wonogiri yaitu dari pukul 06.00 WIB ke depan berubah menjadi 08.00 WIB dan selanjutnya pada jam kedua untuk pemberangkatan dari Purwosari pukul 08.00 WIB akan berubah menjadi 10.00 WIB.

"Sedangkan untuk yang dari Wonogiri pada jam kedua yang biasanya berangkat jam 10.00 WIB akan berubah menjadi jam 12.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan perubahan jadwal tersebut mulai dilakukan pada 1 April 2018.

Pihaknya berharap perubahan jadwal akan diikuti dengan peningkatan tingkat keterisian.

"Target kami harus di atas saat ini. Kalau sekarang kan tingkat keterisiannya rata-rata di bawah 50 persen," katanya.

Selain untuk meningkatkan keterisian penumpang, katanya, perubahan jadwal tersebut juga dilakukan mengingat perjalanan KA Batara Kresna yang berlangsung dini hari ternyata banyak mengalami hambatan rintang jalan.

"Beberapa rintangan tersebut di antaranya?pengguna jalan raya yang memarkirkan kendaraan maupun material tidak `freepall` khususnya di Jalan Slamet Riyadi," katanya.

Pada prinsipnya, pihaknya berupaya mengakomodasi permintaan masyarakat yang menghendaki jam? perjalanan yang lebih akomodatif dengan kegiatan masyarakat.

Pewarta : Aries Wasita Widi Astuti
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024