Semarang (Antaranews Jateng) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Emas Semarang berbagi pengetahuan mengenai cara menangani kejahatan.

Hal tersebut disampaikan dalam acara pembekalan mengenai kepabeanan kepada para mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Berkaitan dengan mata kuliah Kejahatan Kemaritiman, para mahasiswa mendapatkan ilmu langsung dari para pegawai Bea Cukai yang bertugas sebagai community protector dan telah berhasil menghadapi serta mengungkap kejahatan.

Kepala Seksi PKC I Rudi Aji Hermawan selaku dosen tamu menyampaikan bahwa Bea Cukai memiliki tim intelejen sehingga mampu mengungkap banyak kasus kejahatan termasuk penyelundupan narkoba yang disembunyikan di pembalut.

"Berbagai modus dilakukan untuk melancarkan kejahatan. Namun Bea Cukai mempunyai tim intelejen sendiri, seperti kemarin penyelundupan narkoba yang disembunyikan di pembalut, akhirnya mampu kita tangkap," tegas Rudi.

Mahasiswa terlihat antusias menerima materi dan tidak sedikit dari mereka yang mengajukan sejumlah pertanyaan kepabeanan untuk lebih mendalami materi yang didapat termasuk mengenai beragam modus kejahatan yang dihadapi petugas.

Pewarta : Humas Bea Cukai
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024