Solo (Antaranews Jateng) - Bayi berjenis kelamin laki-laki masih lengkap dengan tali pusarnya diduga baru dilahirkan ditemukan oleh warga depan sebuah warung Jalan Ir Juanda, Jebres, Solo, Selasa, dini hari.
Bayi laki-laki yang diduga dengan sengaja dibuang tersebut ditemukan pertama kali oleh saksi Aditya Bayu Kusuma (30) dan Dinar Royyanto (33), saat pulang ke rumah dari berjualan susu segar sekitar pukul 01.25 WIB.
Menurut Aditya Bayu Kusuma dirinya bersama Dinar saat hendak masuk ke rumah tiba-tiba mendengar suara tangisan bayi. Dia kemudian mencari asal suara tangisan itu, dan ternyata di depan warung dan tambal ban milik Pak Tarto atau hanya berseberangan jalan dengan rumahnya.
Menurut Bayu bayi laki-laki tersebut saat ditemukan dengan tali pusar belum dipotong dan posisinya telungkup di atas lantai membujur ke selatan dengan memakai baju warna putih bergambar motif boneka. Bayi itu, di dekatnya terdapat satu potong kaos lengan pendek warna kuning dan selembar popok kain warna putih.
"Saya kemudian memanggil warga lainnya dan melaporkan kejadian ini, ke Polsek Jebres Polres Kota Surakarta," katanya.
Kepala Polsek Jebres Kompol Juliana saat dikonfirmasi soal penemuan bayi laki-;aki tersbeut membenarkan. Bayi itu, ditemukan oleh warga sekitar pukul 01.25 WIB. Bayi yang diduga baru saja dilahirkan itu, kemudian dibawa ke Polsek Jebres, dan langsung ke Klinik Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan.
"Kami masih melakukan penyelidikan penemuan bayi itu, dan kondisi bayi sehat dengan berat 2,5 kilogram dan panjang sekitar 40-50 sentimeter. Bayi kini dirawat di Klinik Bhayangkara," kata Juliana.
Menurut Juliana pihaknya sedang melakukan penyilidikan dan mencari informasi soal adanya warga yang hamil sekitar kampung kejadian. Selain itu, pihaknya juga sedang mengecek Closed Circuit Television (CCTV) di sekitar lokasi kejadian untuk mengungkap siap yang tega membuang bayi itu.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024