Jakarta (Antaranesw Jateng) - Hollywood banyak sekali membuat film-film komersial, namun tidak kurang pula industri raksasa perfilman dunia tersebut mengangkat tokoh-tokoh sejarah dunia ke layar lebar. Berikut ini ada lima tokoh sejarah dunia yang paling sering difilmkan oleh Hollywood.

1. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln merupakan presiden Amerika Serikat yang sangat terkenal di dunia karena menghapus perbudakan di negeri Paman Sam. Lantaran perjuangannya yang mulia itu, Abraham Lincoln sering dibuatkan filmnya oleh Hollywood, salah satu film berjudul “Lincoln” yang sangat menggambarkan sosok presiden Amerika Serikat tersebut dengan sangat real.

2. Napoleon Bonaparte

Hollywood juga tidak segan-segan untuk mengangkat tokoh sejarah dunia dari negara lain, seperti yang terjadi pada Napoleon Bonaparte asal Prancis. Napoleon merupakan tokoh sejarah paling terkenal karena berkontribusi menjadikan negeri menara Eiffel itu sebagai negara kuat seperti sekarang. Dalam film, Napoleon sering digambarkan sebagai sosok pemimpin karismatik dan dipuja-puja oleh para pendukungnya.

3. Julius Caesar

Nama Julius Caesar memang tidak asing bagi sejarah dunia. Sebagai salah satu kaisar dari imperium Romawi, Caesar memang sering diangkat tidak hanya dalam film, tapi juga dalam pementasa .teater serta novel yang terkenal.

4. Cleopatra

Tokoh sejarah dunia lainnya yang sezaman dengan Julius Caesar dan sering menjadi obyek perfilman Hollywood adalah Cleopatra. Ratu Mesir yang terkenal akan kecantikan tiada duanya ini sering diangkat ke layar lebar dan selalu disandingkan dengan Caesar sebagai sosok kekasih wanita.

5. Hitler

Tema tentang Nazi dan Hitler memang tidak ada habis-habisnya untuk diangkat menjadi film oleh Hollywood. Banyak sekali film yang menggambarkan diktator Jerman masa Perang Dunia II sebagai sosok yang brutal nan kejam, kecuali sebuah film berjudul “The Downfall” yang menjabarkan sosok Hitler sebagai manusia rapuh, putus asa dan manusiawi di ambang kekalahan. (Editor : Maria Cicilia Galuh).

 

Pewarta : Suharsana Aji
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024