Purwokerto, (Antaranews Jateng) - Komunitas Nahdlatul Ulama Banyumas (KNB) mengajak masyarakat, khususnya nahdiyin yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah untuk meneladani, mewarisi, dan meneruskan pemikiran-pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Gus Dur adalah ulama besar, guru bangsa, bapak demokrasi yang kita cintai. Maka saya kira hari wafatnya atau haulnya wajib untuk diperingati," kata Presiden KNB Agus Maryono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Terkait dengan hal itu, kata dia, Keluarga Besar KNB bersama Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menggelar Haul Sewindu Gus Dur di Gedung Pengurus Cabang NU Kabupaten Banyumas.

Ia mengatakan kegiatan yang digelar pada Minggu (31/12) malam atau bertepatan dengan malam pergantian tahun itu diisi dengan tahlil dan doa bersama, pemutaran film dokumenter perjuangan Gus Dur, pentas puisi, serta diskusi pemikiran Gus Dur.

"Tujuannya agar kita bisa meneladani, mewarisi, dan meneruskan pemikiran-pemikiran Gus Dur," kata pria yang akrab dipanggil Gus Mar itu.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh NU Banyumas, seperti Rois Syuriah PCNU Banyumas K.H. Mughni Labib dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas K.H. M. Roqib.

Rektor UNU Purwokerto Prof. Dr. Akhmad Sodiq mengatakan kader NU wajib membaca pemikiran Gus Dur agar spiritnya selaras dengan Presiden Ke-4 Republik Indonesia tersebut.

"Beliau tokoh yang luar biasa, kiai, cendekiawan, budayawan, politikus, negarawan, dan masih banyak prestasi yang ada pada diri Gus Dur," katanya.

Oleh karena itu, kegiatan serupa diharapkan terus dikembangkan pada waktu yang akan datang agar Gus Dur terus menginspirasi masyarakat, khususnya nahdiyin.


Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024