Semarang, ANTARA JATENG - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah menggelar operasi pasar serentak selama 30 hari (1-30 Desember) di 58 daerah se-Jateng untuk meredam harga beras yang mulai naik serta bagian untuk menjaga stabilitas pangan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan operasi pasar tersebut untuk menjaga agar kebutuhan bahan pokok terus tercukupi.

"Aksi lapangannya dari Bulog, Sekda jadi Ketua TPID, Bank Indonesia, Kepolisian juga ikut. Tim turun jadi satu untuk melakukan gerakan ini dengan harapan inflasi bisa terjaga dan mudah-mudahan mmeberi manfaat buat rakyat," katanya.

Gubernur mengaku saat ini TPID Provinsi Jawa Tengah masih memperhatikan adanya kenaikan cabai merah dan penurunan cabai merah.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pelepasan 20 truk berisi komoditas operasi pasar berupa beras, gula pasir, dan minyak goreng oleh Gubernur Jawa Tengah.

Operasi pasar dilaksanakan melalui mobil operasional langsung ke titik-titik yang sudah ditentukan di Semarang, Surakarta, Banyumas, Pekalongan, Pati, dan Magelang, melalui mitra pedagang di pasar, jaringan toko tani Indonesia (TTI), e-Warong, dan rumah pangan kita (RPK).

Di wilayah Semarang operasi pasar dilaksanakan di 15 titik antara lain di Pasar Bulu, Pasar Johar, Pasar Gayamsari, Pasar Karangayu, Pasar Peterongan, Kelurahan Wonosari Ngaliyan, Kelurahan Pedurungan Lor, Kelurahan Podorejo, Kelurahan Gajahmungkur, Kelurahan Tlogosari Kulon, Kelurahan Tlogosari Wetan, Kelurahan Bangetayu Wetan, Kelurahan Rejosari, Kelurahan Kalibanteng Kulon, dan Kelurahan Muktiharjo Kidul.

Wilayah Pekalongan di Pasar Pagi Kota Tegal, Pasar Kejambon, Pasar Tranyeman, Pasar Kemantran, Pasar Batang Brebes, Pasar Pagi Pemalang, Pasar Banjarsari Pekolangan, Pasar Wiodeso Pekalongan, Pasar Kajen Pekalongan, Pasar Kedungwuni Pekalongan, Pasar Batang, Pasar Subah Batang.

Wilayah Surakarta operasi pasar dilaksanakan di Pasar Nusukan, Pasar Legi, Pasar Jongke, Pasar Harjodaksino, Pasar Murah Laweyan, Pasar Gede, Kelurahan Purwosari, Kelurahan Nusukan, Kelurahan Purwodiningratan, Kelurahan Sangkrah, dan Kelurahan Danukusuman.

Wilayah Pati di Pasar Puri Pati, Pasar Bitingan Kudus, Batang, RPK Anugerah Margorejo, RPK AManah Jakenan, dan RPK Alfarizki Muktisari. Untuk Wilayah Banyumas di Pasar Wage, Pasar Ajibarang, Pasar Sidodadi, Pasar Sampang, dan Pasar Gede. Sementara untuk Wilayah Magelang di Pasar Rejowinangun, Pasar Gotong Royong, Kantor Kecamatan Kajoran, Kantor Kecamatan Sawangan, Kantor Kecamatan Pakis, dan Kantor Kecamatan Ngablak.



Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor :
Copyright © ANTARA 2024