Solo, ANTARA JATENG - Kepolisian Sektor Jebres, Kota Surakarta melakukan pengecekan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Gede Solo, untuk memantau jika terjadi gejolak harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kami berkoordinasi dengan Lurah Pasar terkait untuk ikut memantau harga barang kebutuhan pokok di pasar tradisional, menjelang Natal, dan hasilnya masih wajar serta harga juga terjangkau masyarakat," kata Kepala Polsek Jebres Polres Kota Surakarta Kompol Juliana, di sela memimpin cek harga di Pasar Gede Solo, Selasa.

Menurut Juliana kegiatan tersebut merupakan instruksi oleh Kepala Polri, untuk mengecek harga barang-barang kebutuhan pokok di pasar-pasar dan kemudian ditindaklanjuti oleh Kepala Polres Kota Surakarta. memerintah seluruh polsek ikut melakukan pantauan harga-harga semboko di wilayahnya masing-masing.

 Polsek Jebres kemudian melakukan pengecekan kondisi harga barang kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Gede Solo, dan hasilnya masih wajar dan tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

"Harga kebutuhan pokok di Pasar Gede tidak ada peningkatan, tetapi hanya komoditas sayuran saja yang mengalami sedikit peningkatkan," katanya.

Juliana mengatakan kenaikan harga sayuran di pasar karena dampak cuaca hujan. Kualitas beberapa jenis sayuran mengalami penurunan dan adanya kendala transportasi di daerah sentral akibat dampak cuaca ekstrem.

Selain itu, daya beli masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 hingga saat ini belum ada peningkatan. Diperkirakan daya beli masyarakat akan meningkat mendekati Natal dan Tahun Baru mendatang.

"Saya mengecek pasokan barang ke pasar hingga saat ini, juga lancar dan stok relatif cukup," katanya.

Lurah Pasar Gede Solo, Agus Suharto mengatakan di Pasar Gede Solo ada 233 kios dan 526 los yang beraktivitas sejak pagi hingga malam hari. Pedagang menjual berbagai jenis sayuran, barang kebutuhan pokok, buah-buahan, makanan kuliner, dan beberapa kerajinan.

"Kami setiap hari menurunkan petugas untuk memantau harga-harga barang kebutuhan pokok, seperti telur ayam, minyak goreng, gula, dan beras serta cabai yang sering terjadi naik turun harga," kata Agus.

Namun, harga barang-barang kebutuhan pokok di pasar ini, masih stabil, sedangkan stok cukup.

Harga beras C4 super di Pasar Gede dijual stabil Rp12.000/kg, kualitas biasa Rp10.500/kg, gula pasir Rp12.000/kg, minyak goreng kemasan Rp12.000/kg, daging sapi Rp120 ribu/kg, daging ayam Rp30.000/kg, daging ayam kampung Rp50.000/kg, telur ayam Rp24.000/kg, garam bata Rp2.500/buah.

Harga sayuran seperti cabai rawit hijau dijual stabil Rp15.000/kg. rawit merah Rp18.000/kg, merah besar Rp23.000/kg, tomat Rp10.000/kg, wortel Rp9.000/kg , kobis Rp6.000/ kg, dan kentang Rp15.000/ kg.


Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024