Semarang, ANTARA JATENG - Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi aplikasi internal yang berfungsi untuk memonitor pencapaian kinerja di lingkungan Sekretariat DPRD setempat.

"Capaian kinerja di lingkungan Sekretariat DPRD meliputi proses anggaran, pelayanan sampai pada sumber daya manusia," kata Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Rukma Setiabudi di Semarang, Selasa.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan, fungsi kelembagaan Sekretariat DPRD, secara struktur dan fungsi berbeda dengan instansi lainnya.

Secara struktur organisasi di bawah Sekretaris Daerah Pemprov Jateng, namun Sekretariat DPRD juga melayani kelembagaan DPRD Provinsi Jateng.

Ia menjelaskan bahwa dalam aplikasi e-Kedhip Waspodo berisi kegiatan penggunaan belanja anggaran yang digunakan sekretariat dan dalam pelaporan itu untuk memonitor pencapaian kinerja keuangan di masing-masing bagian yang menjadi kuasa pengguna anggaran (KPA) maupun pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK).

"Dengan demikian semua penggunaan anggaran terkontrol, tertib dan disiplin. Yang terpenting membangun budaya kerja Setwan sebagai mitra untuk mewujudkan DPRD yang profesional," ujarnya.

Rukma berharap, dengan adanya aplikasi tersebut bisa memberikan manfaat bagi pegawai negeri sipil di lingkungan Sekretariat DPRD Jateng terutama dalam peningkatan kinerja dan pelayanan hingga pada akhirnya akan tercipta budaya kerja sebagai mitra dalam mewujudkan DPRD Provinsi Jateng yang profesional, akuntabel, dan aspiratif.

"Semoga dengan diluncurkannya aplikasi ini semakin menciptakan pola kinerja yang lebih bagus, melaksanakan tupoksi dengan dedikasi untuk melayani bukan dilayani," katanya.

Pewarta : Wisnu Adhi N.
Editor :
Copyright © ANTARA 2024