Magelang, ANTARA JATENG - Penyelenggaraan Lomba Pramuka 2017 oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang, Jawa Tengah, untuk penggalang dan penegak, bermanfaat guna meningkatkan keterampilan dan pengembangan dunia kepramukaan para peserta, kata ketua kwarcab setempat.


"Tujuan kegiatan Lomba Pramuka supaya wawasan dan pengalaman anggota Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak semakin berkembang," kata Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Sumartono di Magelang, Minggu.


Lomba yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Magelang itu, dengan peserta masing-masing kategori Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak berjumlah 10 orang, baik putra maupun putri.


Ia mengatakan untuk kategori Pramuka Penggalang, meliputi lomba peta pita, peta lapangan, lomba pionnering, lomba peraturan baris-berbaris dan yel-yel, serta lomba menaksir dan pengetahuan kepramukaan.


Selain itu, katanya, untuk kategori Pramuka Penegak, meliputi lomba peta pita dan peta lapangan, lomba peraturan baris-berbaris dan yel-yel, lomba pengetahuan kepramukaan, dan lomba survival.


"Melalui lomba itu juga memperkuat persatuan dan kesatuan di antara para anggota pramuka, meningkatkan solidaritas, dan wawasan pengetahuan, serta semangat kebangsaan," ujarnya.


Secara berturut-turut, keluar sebagai juara I, II, III untuk Lomba Pramuka Penggalang kategori putri, yakni SMP Negeri 2, SMP Negeri 8, SMP Negeri 4, kategori putra, yakni SMP Negeri 1, SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 9.


Juara I, II, III untuk Lomba Pramuka Penegak kategori putri, secara berturut-turut SMA Negeri 2, SMK Negeri 2, dan SMA Negeri 4, sedangkan kategori putra, yakni SMK Negeri 1, SMA Negeri 5, dan SMA Negeri 3.


Pada kesempatan itu, Sumartono menjelaskan pula tentang pentingnya jajaran pramuka memahami dengan baik, antara lain tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, pola dan mekanisme pembinaan pramuka.


"Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pramuka tidak lepas pula dari upaya untuk menanamkan dan membangun nilai-nilai karakter bangsa bagi kalangan generasi muda," katanya.

Pewarta : M. Hari Armoko
Editor :
Copyright © ANTARA 2024