Solo, ANTARA JATENG - Puluhan polisi melakukan bersih-bersih masjid dan gereja di Jalan Gatot Subroto Joyodiningratan Serengan Solo, Jumat.

Puluhan anggota Polsek Serengan Polres Kota Surakarta tersebut membersihkan Masjid Al Hikmah yang lokasinya berdampingan dengan Gereja Joyodiningratan Solo.

Kepala Polsek Serengan Kompol Giyono mengatakan bersih-bersih tempat ibadah merupakan salah satu kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71 Bhayangkara, pada tanggal 1 Juni bertepatan pada bulan Ramadhan.

"Kami menurunkan 40 polisi wanita dan pria di kedua tempat ibadah yang terletak berdampingan itu," kata Giyono.

Menurut dia, dua tempat ibadah yang letaknya bermpingan hanya satu-satunya di Kota Solo. Masjid Al Hikmah dan Gereja Jotodiningratan berdampingan dan selalu kondusif.

Ia mengatakan kedua pengurus tempat ibadah tersebut meski letaknya berdampingan, mereka selalu akur dan saling menghormati sehingga terjalin koordinasi yang baik.

Polisi membersihkan masjid dan gereja, baik di dalam ruangan maupun di luar ruang, sebelum digunakan untuk bejamaah shalat Jumat.

"Kami berharap kerukunan umat beragama selalu terjalin. Bahkan, kedua tempat ibadah pada Hari Minggu bertepatan Hari Lebaran, sehingga kedua tempat ibadah itu, sama sama ada kegiatan," katanya.

Giyono mengatakan kegiatan ikut bersih-bersih tempat ibadah tersebut akan diagendakan setiap tahun saat bulan Ramadhan seperti saat ini.

Imam Masjid Al Hikmah Serengan Moh Sukodi mengatakan pihaknya menyambut baik kegitan polisi yang ikut bersih-bersih mesjid sebelum shalat Jumat ini.

"Saya berharap kegiatan positif ini, dapat diagendakan lagi untuk tempat-tempat ibadah", kata Moh Sukodi.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024