Cilacap, 16/3 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap menetapkan pasangan Tatto Suwarto Pamuji-Syamsul Aulia Rachman (Tatto-Syamsul) sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan kepala daerah setempat yang digelar pada tanggal 15 Februari 2017.

"Kami telah menggelar rapat pleno untuk menetapkan pasangan nomor urut 2, Tatto-Syamsul sebagai pasangan calon terpilih," kata komisioner KPU Cilacap Akhmad Kholil di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Cilacap Sigit Kwartianto, pihaknya sebenarnya mengundang seluruh pasangan calon peserta Pilkada Cilacap 2017 untuk menghadiri rapat pleno tersebut.

Akan tetapi dari tiga pasangan calon, kata dia, hanya pasangan nomor urut 2 yang hadir meskipun hanya wakilnya yakni Syamsul Aulia Rachman.

Kendati demikian, dia mengatakan rapat pleno tersebut tetap sah dilaksanakan karena dihadiri tim sukses dan partai politik pengusung masing-masing pasangan calon.

"Kami juga mengundang Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilihan Umum) Kabupaten Cilacap," katanya.

Ia mengatakan salinan berita acara nomor 21/BA/III/2017 mengenai penetapan pasangan calon terpilih yang telah ditandatangani komisioner KPU Cilacap itu selanjutnya diserahkan kepada masing-masing pasangan calon, Desk Pilkada, dan Panwaslu Cilacap.

Menurut dia, berita acara tersebut akan menjadi dasar usulan pengesahan pasangan calon terpilih kepada DPRD Cilacap pada hari Jumat (17/3).

Disinggung mengenai kapan pelantikan pasangan calon terpilih tersebut, Kholil mengaku belum mengetahui secara pasti.

"Kami masih mencari informasi tersebut. Kami juga belum tahu apakah pelantikannya dilakukan berbarengan karena ini dihasilkan melalui Pilkada Serentak seperti tahun 2015 ataukah dilakukan sendiri-sendiri di setiap kabupaten/kota," katanya.

Berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kabupaten yang digelar pada tanggal 23 Februari 2017, pasangan nomor urut 2, Tatto-Syamsul diketahui memenangi Pilkada Cilacap 2017 karena meraih 515.059 suara atau 56,32 persen dari total suara sah yang masuk sebanyak 914.507 suara.

Sementara untuk pasangan nomor urut 1, Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky meraih 249.081 suara atau 27,24 persen, sedangkan pasangan nomor urut 3, Fran Lukman-Bambang Sutanto mendapat 150.367 suara atau 16,44 persen.

Tatto Suwarto Pamuji yang ditetapkan sebagai bupati terpilih merupakan calon petahana karena hingga saat ini masih menjabat sebagai Bupati Cilacap.

Sementara wakil bupati terpilih, Syamsul Aulia Rachman sebelumnya merupakan seorang pegawai negeri sipil di lingkungan Sekretariat Daerah Cilacap.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024