Cilacap, ANTARA JATENG - Ratusan warga Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mendapat layanan pengobatan gratis di "Rail Clinic" atau fasilitas kereta sehat milik PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Dari pantauan Antara di Stasiun Sidareja, Cilacap, Kamis, ratusan warga dari berbagai desa di Kecamatan Sidareja itu berduyun-duyun mendatangi lokasi bakti sosial "Kereta Api Peduli" yang digelar PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto itu.

Sebelum menjalani pemeriksaan oleh dokter dan tenaga medis di dalam "Rail Clinic", warga terlebih dulu mendaftarkan diri untuk diketahui keluhan penyakitnya dan diperiksa tekanan darahnya di tenda yang didirikan di halaman Stasiun Sidareja.

Selanjutnya, mereka secara bergantian menuju ruang pemeriksaan di dalam "Rail Clinic" yang berada di peron Stasiun Sidareja.

Saat ditemui wartawan, Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto Dwi Erni Ratnawati mengatakan kegiatan bakti sosial "Kereta Api Peduli" berupa pengobatan gratis itu ditujukan untuk masyarakat di sekitar jalur KA.

"Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya digelar PT KAI Daop 5 Purwokerto, tahun lalu di Stasiun Slawi, Kabupaten Tegal, dan sekarang di Stasiun Sidareja. Pengobatan gratis di `Rail Clinic` ini hanya digelar selama satu hari," katanya.

Semula, kata dia, kegiatan tersebut rencananya akan digelar pada tanggal 27 Februari 2017 namun akhirnya dimajukan menjadi hari Kamis (23/2) karena fasilitas kereta sehat "Rail Clinic" tersebut akan digunakan di Daop lain.

Menurut dia, hal itu disebabkan PT KAI (Persero) hanya memiliki dua rangkaian "Rail Clinic", satu rangkaian untuk melayani seluruh Daop di Pulau Jawa dan satu rangkaian melayani Divisi Regional di Pulau Sumatra.

"Rencananya, tahun ini PT KAI akan melakukan pengadaan `Rail Clinic` lagi yang fasilitasnya lebih canggih, sehingga nantinya di Jawa akan ada dua rangkaian. Kalau di Sumatra sekarang sudah ada dua," katanya.

Erni mengatakan fasilitas kereta sehat "Rail Clinic" atas persetujuan Direktur Utama PT KAI (Persero) juga dapat digerakkan untuk melayani warga di daerah bencana selama wilayah tersebut terdapat jalur KA.

Dalam hal ini, dia mencontohkan pascabanjir bandang di Garut, Jawa Barat, PT KAI (Persero) juga memberikan layanan kesehatan menggunakan "Rail Clinic" bagi korban bencana tersebut.

Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024