Batang, ANTARA JATENG - Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mendapatkan kehormatan sebagai motivator Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor dalam di Stadium General "The Future is Yours", Sabtu.

Bupati Yoyok Riyo Sudibyo di hadapan 2.000 praja IPDN tingkat 1 dan 2, Sabtu, mengatakan bahwa Praja IPDN merupakan calon pejabat yang harus melayani masyarakat dengan mengorbankan segala urusan pribadinya untuk masyarakat.

"Pemimpin adalah pribadi yang di korbankan dan seharusnya tidak berkuasa. Akan tetapi sebagai pemimpin harus bisa melayani masyarakat dengan keikhlasan dan sepenuh hati," katanya.

Menurut dia, setiap manusia memiliki jiwa kepemimpinan tetapi tidak semua mempunyai kreatif untuk menjadi sebuah potensi yang dapat dikembangkan dalam melayani masyarakat.

"Oleh karena itu, saya berharap pada praja IPDN memiliki jiwa kepemimpinan yang strategi, kreatif, solutif, dan inovatif. Seorang pemimpin juga harus bisa menjadi orang tua, guru, saudara, dan teman," katanya.

Peraih Bung Hata Anti Korupsi Award (BACHA) ini juga berpesan pada praja IPDN agar kelak sebagai birokrat yang memiliki prinsip dan interitas dalam memajukan daerahnya serta tidak goyah dengan kepentingan dan kenikmatan sesaat.

"Bagaimanapun praja IPDN adalah kader birokrat yang dibekali ilmu pemerintahan yang nantinya harus bisa melayani masyarakat dan mampu memimpin untuk kemajuan daerah," katanya.

Kepala Biro Administrasi Keprajaan dan Kemahasiswaan IPDN Jatinangor, Arief M Edie mengatakan, Bupati Yoyok Riyo Sudibyo termasuk salah satu kepala daerah yang terbaik di Indonesia selain Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Bapak Yoyok Riyo bisa dijadikan sebagai panutan karena penuh dengan ide-ide yang menjadikan Kabupaten Batang menjadi terkenal," katanya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Biro Administrasi Keprajaan dan Kemahasiswaan IPDN minta pada Yoyok Riyo Sudibyo setelah selesai menjabat Bupati Batang berkenan membagikan ilmunya sebagai tenaga pengajar atau dosen di IPDN.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo juga dinobatkan sebagai anggota kehormatan Purnapraja dengan disematkanya Pin anggota Kehormatan Purnapraja dan Lencana Purnapraja IPDN.

Pewarta : Kutnadi
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024