Semarang - BPJS Kesehatan KCU Semarang mengelar pemeriksaan Pap Smear gratis untuk para guru dan istri guru, dalam rangkaian menyambut Hari Guru.

"Setiap tahun, BPJS Kesehatan rutin melaksanakan kegiatan pemeriksaan Pap Smear gratis. Dan tahun ini kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan menyambut Hari Guru, sehingga pesertanya para guru dan istri guru," kata Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan KCU Semarang Rumondang Pakpahan ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Semarang, Kamis.

Rumodang menjelaskan pada tahun ini ada 23 titik tempat pemeriksaan Pap Smear yang tersebar di Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Di Kota Semarang pemeriksaan dilaksanakan di TK dan SD Isriati, SMKN 6 Semarang, SMKN 2 Semarang, SMAN 2 Semarang, SMAN 12 Semarang, SMP Maria Goreti, SMPN 15 Semarang, Dinas Pendidikan Kota Semarang, Lab Sarana Medika.

Kemudian di SMPN 39 Semarang, SD Sambiroto 1 Semarang, Lab Cito dr.Cipto; SMKN 3 Semarang, SMUN 6 Semarang, SMP Dominiko Savio, SMPN 30 Semarang, Unisbank, dan Lab Cito Indraprasta; serta di Lab Cito Srondol.

Sementara di Kabupaten Demak terpusat dilaksanakan di SMAN 1 Demak, SMA Guntur 1 Demak, KLOK Demak, dan Lab Cito Demak.

"Pemeriksaan Pap Smear merupakan upaya untuk deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim. Ini merupakan upaya promotif preventif," demikian Rumondang Pakpahan.


Pewarta : -
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024