Cilacap, Antara Jateng - Ratusan warga dari berbagai wilayah Kabupaten Cilacap mengikuti pengobatan gratis yang diselenggarakan PT Pertamina Marketing Operation (MOR) IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-69 PT Pertamina (Persero).

Selain pengobatan gratis, dalam kegiatan bakti sosial yang digelar di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Maos, Cilacap, Jateng, Minggu juga diselenggarakan khitanan massal yang diikuti 25 anak sekolah dasar.

Salah seorang warga, Yanti mengaku senang dengan adanya pengobatan gratis yang diselenggarakan Pertamina.

"Kebetulan tangan saya terasa kaku seperti asam urat, mungkin karena kemarin makan kepiting dan sayur pare. Oleh karena itu, saya manfaatkan pengobatan gratis ini untuk berobat," katanya.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT) Suyanto mengatakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan khitanan massal tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-59 Pertamina (Persero).

Menurut dia, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak hari Sabtu (5/11) di TBBM Lomanis, Cilacap, dengan sasaran masyarakat di sekitar TBBM Lomanis, TBBM Sleko, dan Depot Elpiji Cilacap.

"Hari ini (6/11) di TBBM Maos dan selanjutnya di wilayah operasi Pertamina MOR IV lainnya seperti Tegal, Rewulu, Kutowinangun, Boyolali, serta Semarang. Dalam pemeriksaan kesehatan yang digelar kemarin, diikuti sekitar 290 orang sedangkan hari ini sekitar 200 orang," katanya.

Sementara untuk khitanan massal, kata dia, pada hari Sabtu (5/11) diikuti 40 anak dan hari Minggu (6/11) sebanyak 25 anak.

Menurut dia, pihaknya menargetkan sebanyak 590 anak mengikuti khitanan massal yang digelar di sejumlah daerah operasi Pertamina MOR IV.

Ia mengatakan setiap anak yang mengikuti khitanan massal mendapat baju muslim, sarung, tas, dan uang saku.

"Tenaga medis yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari Pertamina MOR IV. Kami juga bekerja sama dengan PHC (Pertamina Hospital Cilacap)," jelasnya.

Suyanto mengatakan selain khitanan massal dan pengobatan gratis, rangkaian kegiatan HUT Ke-59 PT Pertamina (Persero) di wilayah Pertamina JBT juga akan diisi dengan kegiatan bersih-bersih yang dipusatkan di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, pada tanggal 3 Desember 2016.

Menurut dia, kegiatan tersebut akan melibatkan pekerja Pertamina, nelayan, dan masyarakat.

"Insya Allah akan dihadiri Direktur Utama PT Pertamina (Persero) beserta jajaran direksi, Menteri BUMN, serta Menteri Kelautan dan Perikanan," katanya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024