Banda Aceh, Antara Jateng - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai Komjen Pol Budi Gunawan memiliki pengalaman panjang dan kapasitas yang mumpuni untuk menjadi kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

"Pak BG (Budi Gunawan), figur yang terlatih dan memiliki pengalaman panjang di Kepolisian. Saya mendoakan semoga dapat mulus untuk memimpin BIN," kata Zulkifli Hasan, menjelang acara Rapat Senat Terbuka dan Dies Natalis ke-55 Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Selasa.

Menurut Zulkifli, semoga Budi Gunawan dapat sukses memimpin BIN.

Sebagai Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli telah menginstruksikan Fraksi PAN di DPR RI untuk memberikan persetujuan secara aklamasi kepada Budi Gunawan untuk memimpin BIN.

DPR RI menjadwalkan, akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Budi Gunawan, di Komisi III, pada Rabu (7/9).

Zulkifli juga optimistis, Budi Gunawan dapat memimpin BIN dengan lancar dan tanpa kendala, meskipun pejabat di jajaran BIN banyak yang berlatar belakang dari TNI.

Menurut dia, sebelumnya, mantan Kapolri, Jenderal Soetanto, juga pernah menjadi kepala BIN, dan dapat memimpin dengan lancar.

Zulkifli juga optimistis, Budi Gunawan dapat meningkatkan kinerja BIN dan melakukan reformasi birokrasi di internal BIN.

"Pak BG punya kemampuan," katanya.

Sebelumnya, pimpinan DPR RI telah menerima surat dari Menteri Presiden Joko Widodo yang menunjuk Komjen Pol Budi Gunawan, untuk menjadi kepala BIN, pada Jumat (2/9).

Pewarta : Riza Harahap
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024