Magelang, Antara Jateng - Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah, mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah untuk Negeri di Gorontalo mulai awal Agustus hingga September 2016.

Ketua Panitia KKN-Mu untuk Negeri 2016 UMM Moehamad Aman di Magelang, Jumat, mengatakan mereka adalah para mahasiswa yang terpilih berdasarkan seleksi terhadap 32 mahasiswa dari berbagai program studi di perguruan tinggi tersebut.

"Mereka terdiri atas enam mahasiswa dan 16 mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi di UMM," katanya.

Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) UMM pada tahun 2016 sebagai ketiga kalinya mengikutkan mahasiswa dalam kegiatan KKN-Mu untuk Negeri.

Sebanyak 17 Perguruan Tinggi Muhammadiyah mengikuti kegiatan yang pada 2016 dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Ia menjelaskan bahwa para calon peserta KKN-Mu untuk Negeri di Gorontalo berasal dari UMM itu mengikuti pembekalan selama 2 hari (29 s.d. 30 Juli 2016) di Aula Gedung Rektorat UMM yang dibuka oleh Rektor UMM Eko Muh Widodo.

Berbagai materi pembekalan KKN-Mu untuk Negeri, antara lain, menyangkut pemberdayaan masyarakat melalui potensi lokal, Al Islam Kemuhammadiyahan, model dan strategi penanggulangan bencana.

Mereka akan berangkat ke lokasi KKN pada tanggal 2 Agustus 2016, sedangkan kegiatan akan berlangsung hingga 8 September 2016 di empat lokasi di Kabupaten Gorontalo, yakni Kecamatan Asparaga, Boliyohuto, Mootilango, dan Tolangohula.

Berbagai kegiatan dalam program itu, kata dia, antara lain, bidang keilmuan, keagamaan, seni dan olahraga, serta tematik.

Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024