Pekalongan, Antara Jateng - Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, melakukan inspeksi mendadak untuk melihat kesiapan Jembatan Spait yang akan dilintasi oleh arus mudik Lebaran mulai 1 Juli 2016.

"Mulai nanti malam, jembatan yang merupakan penghubung jalur pantura ini bisa kembali dilalui. Kekhawatiran masyarakat akan terjadinya kemacetan panjang di sepanjang jalan pantura, insya Allah tidak akan terjadi," katanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis.

Menurut dia, jalur pantura Jembatan Spait tidak akan terjadi kemacetan yang krusial karena dua jembatan darurat maupun jembatan permanen bisa digunakan oleh pemudik berkendaraan.

Kendati demikian, kata dia, pemudik harus tetap berhati-hati dan waspada karena kondisi Jembatan Spait belum selesai 100 persen.

"Jembatan Spait hanya masih menyisakan pengerjakan 'finishing' saja. Kepada para pemudik, saya pastikan bisa mengendarai dengan aman dan nyaman, khususnya di sepanjang 10 kilometer di jalur pantura Kabupaten Pekalongan," katanya.

Ia mengatakan untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pemudik, pemkab juga telah menyediakan beberapa "rest area".

"Bagi pemudik berkendaraan yang merasa lelah, kami minya berisitirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanannya menuju tempat tujuan," katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Pekalongan yang baru dilantik 27 Juni 2016 oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo ini juga melakukan monitoring pada warga terdampak rob di Kecamatan Wonokerto.

"Kunjungannya ini untuk memastikan pelayanan publik di daerah apakah berjalan lancar dan normal akibat rob. Penanganan rob menjadi prioritas kami untuk menanggulangi bencana ini," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Zuhdiar Laeis
Copyright © ANTARA 2024