Bandung, Antara Jateng - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menggelar safari Ramadhan menyosialisasikan empat pilar di Wilayah Bandung, Jawa Barat.

Zulkifli memulai safari Ramadhan sosialisasi empat pilar di Kota Bandung, Jumat. Sosialisasi empat pilar dilaksanakan di Komplek Perguruan Muhammadiyah Antapani. Sekitar 500 orang hadir dalam acara yang dihadiri keluarga besar Muhammadiyah tersebut.

Ketua MPR tiba di Gedung Komplek sekitar pukul 10.00 WIB, setelah melakukan perjalanan dari Jakarta selama kurang lebih tiga jam.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPR menyampaikan Pancasila telah menjadi perilaku dalam Muhammadiyah.

Muhammadiyah merupakan organisasi yang seluruh sendinya telah menanamkan Pancasila. Ia mencontohkan, Muhammadiyah mendirikan rumah sakit untuk seluruh masyarakat, mendirikan universitas bagi seluruh orang dan tidak mendiskriminasi baik untuk umat Islam maupun non Muslim.

Hal ini sesuai dengan sila kelima Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, yang merupakan tujuan dari Indonesia merdeka.

Sementara itu, seusai sosialisasi di Komplek Perguruan Muhammadiyah Antapani, Kota Bandung, Ketua MPR diagendakan sosialisasi empat pilar di Universitas Islam Bandung.

Pada Sabtu (18/6) Ketua MPR direncanakan bertemu Forum Komunikasi Umat Beragama dan sosialisasi empat pilar di Aula Kecamatan Cihampelas.

Seusai acara tersebut, Zulkifli akan mengunjungi Pondok Pesantren Al-Bidayah di Cangkorah, Kecamatan Batu Jajar, Kabupaten Bandung Barat.

Selanjutnya, Ketua MPR diagendakan menuju Cianjur dan diteruskan ke Bogor, sebelum kembali ke Jakarta.

Sementara itu, empat pilar MPR adalah Pancasila sebagai ideologi dan falsafah negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Pewarta : Antaranews
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024