Semarang, Antara Jateng - Perpustakaan Kota Semarang menjadi "jujugan" atau tujuan masyarakat dengan tingkat kunjungan yang tinggi mencapai 7.500 orang pada tahun 2015.

"Ada sekitar 7.500 pengunjung selama setahun lalu," kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Semarang Bambang Kunhatiyo di Semarang, Jumat.

Ia mengatakan jumlah pengunjung sebanyak itu menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena selama 2014 jumlah pengunjung terdata hanya 871 orang.

Namun, kata dia, jumlah pengunjung ketika itu belum terdata secara komputerisasi dan masih mengandalkan sistem manual yang mengharuskan pengunjung menuliskan pada buku yang sudah disediakan.

"Sejak akhir 2014 kami sudah memulai pendataan pengunjung secara komputerisasi sehingga kedatangan dan keperluan mereka lebih terdata. Jadi, jumlah pengunjung terdata secara akurat," katanya.

Menurut dia, saat masih melakukan sistem manual dimungkinkan pengunjung merasa enggan mengisi buku, tetapi sekarang ini semuanya terdata secara komputerisasi, termasuk alamat surel (surat elektronik).

Maka dari itu, kata dia, setelah penerapan sistem komputerisasi jumlah pengunjung mengalami lonjakan yang sangat signifikan karena pengunjung akan terbantu juga dengan pendataan tersebut.

"Dari data diri pengunjung, termasuk 'email', kami dapat memberitahukan mereka jika ada koleksi-koleksi buku baru maupun informasi apapun mengenai perpustakaan sehingga mereka terbantu," katanya.

Selain itu, kata dia, Perpustakaan Kota Semarang memanfaatkan jaringan internet dengan menyediakan lima perangkat komputer untuk membantu para pengunjung mengakses data dan "e-library".

"Penggunaan komputer bisa dilakukan pengunjung secara gratis selama jam kerja. Ini merupakan salah satu terobosan kami untuk melayani kebutuhan masyarakat Kota Semarang," katanya.

Dengan berbagai terobosan yang dilakukan, Bambang berharap semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan sehingga tingkat kunjungan ke perpustakaan naik dari tahun ke tahun.

"Saat ini, kami sudah memiliki koleksi lebih dari 120 ribu eksemplar buku dengan 80 ribu judul buku. Tentunya, kami akan terus meningkatkan mutu dan cakupan buku-buku koleksi," katanya

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024