"Sejak diluncurkan pada 2011 di Prancis, Wiko sekarang ini sudah menempati 'brand' kedua terbesar," kata Chief Sales Officer (CSO) Wiko Mobile Indonesia Sung Khiun di Semarang, Rabu.

Hal tersebut diungkapkannya saat "media gathering" Wiko bertajuk "Wiko, The Star from France" untuk mengenalkan berbagai produk "smartphone" yang digelar di Cafe Good Fellas Semarang.

Menurut Sung Khiun, Wiko juga menempati produk "smartphone" dengan penjualan terbesar di urutan dua besar di Portugal dan Belgia, dan rata-rata 4-6 besar di Eropa, Afrika, dan Asia.

"Setelah di Afrika, kami ekspansi ke Uni Emirat Arab, kemudian Asia di Vietnam dan Thailand. Sekarang ini, giliran Indonesia. Kami sudah memiliki 31 "service centre" di 29 kota di Indonesia," katanya.

Dengan mengusung kultur anak muda, kata dia, sekarang ini Wiko sudah meluncurkan 15 tipe produk, dan 13 tipe di antaranya kian "eksis" di pasaran dengan nuansa "trendy" dan antimainstream.

"Meski baru berusia empat tahun, Wiko sudah memiliki fans di 'facebook' sekitar 75 ribu, kemudian 3.254 fans di 'twitter'. Secara total, produk Wiko sudah ada di 48 negara," katanya.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Wiko Mobile Indonesia Dwi Lingga Jaya menyebutkan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu pasar terbesar produk "smartphone" di Indonesia.

"Potensi 'market' di Jateng, khususnya Semarang menyumbang 11 persen penjualan 'smartphone'. Makanya, kami optimistis bisa merebut pasar dengan produk-produk unggulan kami," katanya.

Optimisme itu, kata dia, didasari dengan keunggulan fitur-fitur yang ditawarkan dalam produk Wiko, seperti "selfie flash" untuk memudahkan kawula muda yang gemar berfoto 'narsis'.

"Seperti Wiko Highway Star yang dilengkapi 'selfie flash' dengan kamera depan berkekuatan 5 megapixel dan kamera belakang 13 megapixel. Ini memang salah satu produk unggulan kami," katanya.

Selain itu, ada Wiko Highway Pure yang masuk kategori "design and performance" bersama Highway Star, kemudian Wiko Highway Signs, Wiko Get Away, Wiko Ridge, Wiko Selfy di kelas "usefull and trendy".

"Untuk kelas 'easy and fun' dengan harga di bawah Rp1 juta, ada Wiko Bloom 2, Wiko Lenny, Wiko Sunset 2 dengan harga sekitar Rp700 ribu. Jadi, kami juga berkompetisi di harga," pungkasnya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024