"Khususnya kepada Wali Kota Surabaya Ibu Risma. Hari ini beliau mendapat empat penghargaan. Dapat Bintang Mahaputra di istana dan tiga 3 tadi di sini. Ini penghargaan terbesar," kata Wapres JK saat memberikan sambutan dalam Anugerah Kota Cerdas 2015 di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Wapres juga menyatakan apresiasi atas kerja keras dan usaha Wali kota di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur tersebut.

JK juga mengharapkan agar pemimpin daerah lain untuk berusaha dengan keras memajukan kotanya sehingga dapat bertambah baik di masa mendatang dan meraih berbagai penghargaan.

"Tentu ini atas usaha dan kerja keras semuanya," ujar JK.

Sebelumnya pada Kamis siang, Wali Kota Risma menerima Penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Berdasarkan Pasal 28 ayat 3 UU Nomor 29/2009, pihak yang mendapat penghargaan kehormatan Bintang Jasa dianggap berperan besar pada peristiwa tertentu dan bermanfaat bagi negara.

Selain itu negara mengakui pengabdian para tokoh yang mendapat penghargaan baik di bidang ekonomi, sosial, dan politik dimana jasanya diakui di tingkat nasional.

Sementara itu pada Kamis petang, Risma juga meraih tiga penghargaan dari harian Kompas yaitu Juara I Kota Cerdas 2015 dengan penduduk di atas 1 juta jiwa, Juara I Kota Cerdas Bidang Lingkungan 2015 dan Kota Cerdas Indonesia Terbaik 2015.

Pewarta : Antaranews
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024