"Dari 42 bus tersebut, 33 bus di antaranya diberangkatkan melalui Yogyakarta dengan membawa 1.600 penumpang, sedangkan sisanya berangkat dari Semarang dengan membawa 450 penumpang," kata Branch Manajer PT Indofood Divisi Noodle Cabang Semarang Devie Permana di Semarang, Senin.

Menurutnya, para peserta mudik tersebut tidak dipungut biaya. Selain diberikan fasilitas mudik gratis, pihaknya juga akan memberikan mereka bingkisan Lebaran.

Menurutnya, para pemudik tersebut akan diantarkan ke sejumlah daerah di Jawa Barat di antaranya ke Kuningan, Ciawi, Cimindi, dan Tasikmalaya.

Sementara itu, Manajer Penjualan Area Semarang Waluyo Jati mengatakan sejauh ini penjual warmindo memberikan kontribusi terhadap penjualan produk indomie secara keseluruhan.

"Meski belum signifikan, tetapi mereka tetap memberikan kontribusi yaitu sebesar 5 persen khususnya untuk area Semarang," katanya.

Diakuinya, jumlah pedagang warmindo yang berada di Kota Semarang masih jauh tertinggal dibandingkan dengan jumlah pedagang warmindo di Kota Yogyakarta.

Berdasarkan data dari PT Indofood CBP Sukses Makmur, setiap pedagang warmindo di Semarang dan sekitarnya dalam satu hari rata-rata dapat menjual hingga lima karton indomie.

"Tetapi kalau dilihat di setiap pedagang ada yang hanya menjual satu karton, bahkan ada yang menjual hingga tujuh karton. Kebanyakan yang laku banyak adalah mereka yang berjualan di kawasan pabrik dan perkantoran," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024