Iuran tersebut sudah menanggung maksimal 5 anggota keluarga si pekerja, yang terdiri dari suami / istri, anak kandung / anak tiri / dan atau anak angkat yang sah dari pekerja.

Berikut kami beberapa pertanyaan terkait penambahan anggota keluarga PPU yang sering kami jumpai di lapangan.

a. Bagaimana jika saya ingin mengikutsertakan anak ke-4 dan seterusnya, orangtua, dan mertua?
Penambahan anggota keluarga yang meliputi anak keempat dan seterusnya, orang tua, serta mertua, dikenakan tambahan iuran sebesar 1% dari gaji atau upah si pekerja. Masing-masing dikenakan % Jadi, seandainya Anda ingin mengikutsertakan anak ke-4, anak ke-5, ayah dan ibu kandung Anda, serta satu orang mertua, maka iuran yang harus dibayarkan adalah 5% dari gaji Anda.

b. Bagaimana jika saya ingin mendaftarkan kerabat saya yang lainnya menjadi peserta BPJS Kesehatan?
Untuk penambahan kerabat lainnya seperti kakak, adik, paman, bibi, asisten rumah tangga, driver atau sopir, dan lain-lain, Anda dapat membayar iuran seperti peserta mandiri (perorangan).

Iuran tersebut berlaku per orang per bulan. Anda dapat memilih kelas perawatan sesuai kebutuhan, yaitu:
Kelas I Rp59.500 per orang per bulan, Kelas II Rp42.500 per orang per bulan, dan Kelas III Rp25.500 per orang per bulan.

c. Bagaimana prosedur pendaftarannya?
Ada dua cara pendaftaran anggota keluarga tambahan, yaitu dilakukan secara kolektif dari perusahaan dan dilakukan secara perorangan oleh pekerja yang bersangkutan.

Pendaftaran secara kolektif dari perusahaan:
- Pekerja memberikan surat kuasa pemotongan gaji pepada pemberi kerja untuk penambahan iuran bagi anggota keluarga tambahan kepada BPJS Kesehatan.
- Perusahaan mengumpulkan data anggota keluarga tambahan untuk didaftarkan kepada BPJS Kesehatan sesuai surat kuasa.
- Perusahaan akan mendaftarkan secara kolektif dan akan memotong gaji sebesar 1% per anggota keluarga tambahan dan dibayar melalui Virtual Account perusahaan tersebut.

Pendaftaran secara perorangan oleh pekerja:
- Anggota keluarga didaftarkan secara perorangan oleh pekerja.
- Penanggungjawab perusahaan dapat membantu pendaftaran awal.
- Masing-masing anggota keluarga tambahan akan mendapatkan Virtual Account dengan besaran iuran secara nominal sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.

d. Bagaimana jika masing-masing anggota keluarga saya berdomisili di daerah berbeda?

Setiap peserta dan anggota keluarga dapat memilih fasilitas kesehatan tingkat pertamanya sesuai dengan domisili masing-masing.

Pewarta : -
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024