Kepala Bagian Hubungan Pelanggaan PDAM Kota Pekalongan Murip Solikhin di Pekalongan, Selasa, mengatakan kebutuhan masyarakat terhadap air bersih selama Ramadhan diperkirakan meningkat sehingga perlu disiapkan sumber mata air.

"Oleh karena itu, untuk memenuhi suplai air bersih maka kami telah menyiapkan tiga sumur bor baru sebagai upaya menjamin pasokan air cukup selama Ramadhan," katanya.

Menurut dia, sebanyak tiga sumur bor baru tersebut berada di Kelurahan Bendan Kecamatan Pekalongan Barat, serta Kelurahan Bandengan dan Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara.

Selain menambah tiga sumur bor, kata dia, PDAM juga akan meningkatkan pelayanan pada pelanggan dengan menyiapkan pasokan air bersih 24 jam selama memasuki Ramadhan.

"Jika pada hari biasa, pelayanan air PDAM hanya 18 jam maka selama Ramadhan kami tingkatkan menjadi 24 jam," katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi pemadaman listrik yang bisa mengakibatkan pasokan air terhambat, PDAM juga akan menyiapkan "genset mobile'.

"Nantinya, 'genset mobile' ini akan dikirim ke tempat produksi air yang tenaga dan alat pembangkitnya menggunakan listrik. Jadi meski terjadi pemadaman listrik, suplai air pada masyarakat tetap bisa lancar," katanya.


Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024