Jalur Ganda Disiapkan Bertahap

id jalur ganda disiapkan bertahap

Jalur Ganda Disiapkan Bertahap

Sejumlah pekerja berusaha menaikkan rel kereta api (KA) ke KA angkut pada pembangunan rel ganda di kawasan Stasiun Besar Bojonegoro, Jatim, Senin (2/12). Pembangunan rel ganda KA jalur Bojonegoro-Tobo sepanjang 32 kilometer yang menggunakan dana APBN



"Target kami, sebelum angkutan Natal ini jalur ganda yang sudah dioperasikan bisa dilewati KA dengan kecepatan normal," kata Executive Vice President Operasi KAI M Soleh Kosasih di Semarang, Rabu.

Ia mencontohkan pengoperasian jalur ganda di lintas Kaliwungu-Jrakah sepanjang 15 kilometer yang dilakukan hari ini atau Rabu, kemudian pengoperasian jalur ganda di lintas Stasiun Alastua-Brumbung.

Pengoperasian jalur ganda di lintas Kaliwungu-Jrakah tersebut, kata dia, ditandai dengan "switch over" (pemindahan wesel) di tiga titik, yakni Stasiun Kaliwungu, Mangkang, dan Jrakah.

"'Switch over' ini memakan waktu sekitar dua jam. Ya, memang ada beberapa KA yang tertahan perjalanannya. Namun, ya kami sebelum Natal bisa dilewati KA dengan kecepatan normal," katanya.

Menurut Soleh yang juga Pejabat Yang Melaksanakan Tugas (PYMT) Kepala PT KAI Daops IV Semarang, proyek pengerjaan jalur ganda KA menjadi tanggung jawab tim Satuan Kerja (Satker) Jalur Ganda.

"Pengerjaan jalur ganda ini sedang dikerjakan secara keseluruhan. Akhir tahun nanti bisa dilalui atau terpakai secara bertahap. Ya, di titik-titik yang sudah selesai dan bisa dilewati," katanya.

Untuk wilayah Daops IV Semarang, kata dia, jalur ganda yang sudah dioperasikan mencakup lintas Tegal-Pekalongan-Ujungnegoro, kemudian lintas Alastua-Brumbung, dan lintas Kaliwungu-Jrakah.

"Setelah ini, disusul pengoperasian lintas Weleri-Ujungnegoro. Pengoperasiannya secara bertahap, yakni Weleri-Krengseng, Krengseng-Plabuan, Plabuan-Kuripan, Kuripan-Ujungnegoro," kata Soleh.
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar