Warga Desa Cilibang terima penguluhan gizi buruk

id kodim

Warga Desa Cilibang terima penguluhan gizi buruk

Penyuluhan kesehatan mengenai gizi buruk dengan target para ibu di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruk Legi, Kabupaten Cilacap, Jumat. (Foto: HUmas Kodim Cilacap)

Cilacap (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke 106 TA 2019 Kodim Cilacap dalam kegiatan pembangunan nonfisik memberikan penyuluhan kesehatan dan kali ini mengenai gizi buruk dengan target para ibu di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruk Legi, Kabupaten Cilacap.

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Cilibang, Jumat tersebut, Kodim Cilacap menggandeng UPT Puskesmas II Jeruklegi, sehingga penyuluhan dilakukan oleh pihak yang berkompeten.

Menerima penyuluhan tersebut, warga Desa Cilibang mengaku sangat bersyukur karena mereka menjadi mengerti termasuk bagaimana agar anak-anak mereka tidak mengalami gizi buruk.

Baca juga: Kodim Cilacap kembali bantu air bersih di Desa Cilibang

Baca juga: Warga bersihkan Krama Cenil Cilacap


"Penyuluhan ini sangat penting bagi kami para ibu Desa Cilibang, terutama saya. Saya terus terang sebelumnya tidak tahu apa itu gizi buruk," kata Suyanti, warga setempat di sela penyuluhan. 

Penyuluhan yang menjadi rangkaian pembangunan nonfisik TMMD Kodim Cilacap tersebut sejalan dengan upaya pemerintah yang terus menekan angka penderita gizi buruk.

Beragam cara untuk mengantisipasi terjadinya gizi buruk pada bayi di antaranya dengan melakukan deteksi dini melalui kuesioner pra-skrining perkembangan (KPSP) yang dilakukan oleh puskesmas atau bidan desa secara optimal.
 
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar