Lazismu Bandongan bagikan 2019 bingkisan untuk kaum duafa

id lazismu bandongan bagikan bingkisan

Lazismu Bandongan bagikan 2019 bingkisan untuk kaum duafa

Sejumlah warga antre untuk menerima bingkisan dari Lazismu Bandongan, Kabupaten Magelang. (ANTARA/Heru Suyitno)

Warga miskin di Kecamatan Bandongan terus berkurang dan Lazismu punya andil dalam mengurangi jumlah warga miskin
Magelang (ANTARA) - Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membagikan 2019 bingkisan dan uang tunai kepada kaum duafa, pengurus masjid, pelajar, dan guru.

"Kali ini menjelang akhir Ramadhan, kegiatan itu maksudnya untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan Lebaran," kata Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bandongan Saifuddin di Magelang, Minggu.

Ia menambahkan bingkisan berupa sembako dan sejumlah uang tunai. Jumlahnya mungkin tidak banyak namun diharapkan dapat meringankan beban warga terutama pada menjelang Idul Fitri yang kebutuhan hidupnya semakin besar.

"Nilai yang ditasyarufkan atau disalurkan Lazismu sejak enam tahun lalu telah mencapai Rp1 miliar," ujarnya.

Ke depan, Lazismu Bandongan akan meluncurkan produk baru yakni bantuan di bidang peternakan dan modal usaha untuk kaum muda produktif, yang bekerja sama dengan sejumlah pihak, termasuk Baznas.

Camat Bandongan Mulyatno mengapresiasi semakin meningkat dan berkembangnya Lazismu Bandongan, yang kiprahnya terbukti nyata membantu warga tidak mampu, termasuk dalam pengentasan kemiskinan.

"Warga miskin di Kecamatan Bandongan terus berkurang dan Lazismu punya andil dalam mengurangi jumlah warga miskin," katanya.

Ia berharap Lasizmu terus berkembang dan produk-produk barunya semakin dapat membantu pemerintah dalam mempercepat program pengentasan kemiskinan dan pengembangan usaha kecil dan menengah.

Dalam kegiatan tersebut, juga terdapat pengobatan gratis dari Klinik Nailu Syiafa dan pasar murah untuk penggalangan dana kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari Al Ngluwari terkesan dengan kegiatan Lazismu Bandongan, terutama dalam partisipasi berupa pemberian bantuan kemanusiaan, pendidikan, dan ekonomi produktif.

"Diharapkan kiprah Lazismu Bandongan semakin besar ke depannya. Dan semakin bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program produktif," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar