Pertarungan ranking Federer versus Thiem

id petenis austria dominic theim,pertarungan ranking

Pertarungan ranking Federer versus Thiem

Petenis Austria Dominic Thiem. (Reuters/file)

Jakarta (ANTARA) - Prioritas pertama Dominic Thiem ketika ia melangkah di Stadium 1, Minggu, pada pertandingan final BNP Paribas Terbuka melawan Roger Federer adalah untuk memperoleh gelar ATP Masters 1000 pertamanya. Tapi bukan hanya itu yang menjadi pertaruhan petenis Austria tersebut.

Thiem bisa kembali ke peringkat ATP teratas dalam karirnya, ranking empat jika ia berhasil mengangkat trofi. Petenis berusia 25 tahun itu menempati peringkat delapan sejak 29 Oktober. Namun tanpa menghitung hasil pertandingan dengan Federer, Thiem, akan kembali ke lima peringkat teratas untuk pertamakalinya sejak Januari 2018.

Menurut laman ATP, dengan kemenangan, Thiem akan memeproleh 1.000 poin, yang akan menjadi total poin tertinggi kedua dari satu turnamen dalam karirnya. Petenis Austria itu memperoleh 1.200 poin karena mencapai final Roland Garros musim lalu.

Proyeksi lima peringkat teratas pada 18 Maret jika Thiem memenangi Indian Wells:

Pemain Poin
1. Novak Djokovic 10.990
2. Rafael Nadal 8.725
3. Alexander Zverev 6.630
4. Dominic Thiem 4.755
5. Roger Federer 4.600

Penampilan petenis unggulan ketujuh itu di Indian Wells akan memberinya kesempatan untuk memperoleh lebih banyak lagi pekan depan di Miami Terbuka. Tahun lalu, Thiem menarik diri dari turnamen Masters 1000 kedua pada tahun tersebut karena cedera engkel yang ia derita di Indian Wells. Karenanya, ia tidak punya poin yang harus dipertahankan di Miami.

Sementara itu, petenis peringkat 4 dunia Federer memulai turnamen dengan beban harus mencapai perempat final untuk mendapat peluang tetap berada di lima besar. Tapi petenis berusia 37 tahun asal Swiss itu mencapai final Indian Wells untuk kelima kalinya berturut-turut (ia tidak bertanding pada 2016). Federer dan Thiem sedang bertarung memperebutkan posisi keempat dalam Rangking ATP. Federer hanya punya 10 poin untuk dipertahankan di Miami, sejak ia kalah dari Thanasi Kokkinakis pada putaran pembuka tahun lalu.

Baca juga: Nadal mundur, Federer ke final Indian Wells

Proyeksi lima peringkat teratas pada 18 Maret jika Federer menang:

Pemain Poin
1. Novak Djokovic 10.990
2. Rafael Nadal 8.725
3. Alexander Zverev 6.630
4. Roger Federer 5.000
5. Dominic Thiem 4.355

Baca juga: Federer anggap pertemuan dengan Nadal jadi catatan karier yang istimewa

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar