Hadapi pemilu, BI Surakarta siapkan "outflow" hingga Rp15 triliun

id BI, tahun politik

Hadapi pemilu, BI Surakarta siapkan "outflow" hingga Rp15 triliun

Kepala BI Kanwil Surakarta Bandoe Widiarto (dua dari kanan) saat memberikan penjelasan kepada wartawan (Foto: Aris Wasita)

Solo (Antaranews Jateng) - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta menyiapkan "outflow" atau kebutuhan uang keluar hingga Rp15 triliun untuk menghadapi momentum pemilu?2019.

"Berdasarkan data, angka ini meningkat jika dibandingkan realisasi `outflow` tahun lalu sebesar Rp13,9 triliun," kata Kepala BI Kanwil Surakarta Bandoe Widiarto di Solo, Selasa.

Ia mengatakan secara tren setiap tahun memang ada kenaikan cukup signifikan, yaitu Rp13,0 triliun tahun?2017?atau meningkat jika dibandingkan tahun?2016?sebesar Rp10,8 triliun.

Menurut dia, meningkatnya ketersediaan kebutuhan "outflow" tersebut seiring dengan tingginya konsumsi pada momentum di tahun politik.

Oleh karena itu, ia cukup optimistis kondisi tersebut akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Soloraya. Adapun, pada tahun lalu pertumbuhan ekonomi di Surakarta sebesar 5,17 persen dengan angka inflasi 3,13 persen.

Menurut dia, jika dirinci dari sisi pengeluaran, kontribusi dari sisi konsumsi cukup mendominasi, adapun sektor konsumsi rumah tangga memberikan kontribusi sebesar 2,74 persen dan konsumsi pemerintah berkontribusi sebesar 0,38 persen.

"Sedangkan dari sisi sumber utama pertumbuhan ekonomi domestik, untuk konsumsi rumah tangga kontribusinya sebesar 88,74 persen dan konsumsi pemerintah sebesar 8,98 persen," katanya.

Ia mengatakan terkait dengan pertumbuhan ekonomi tersebut yang menjadi kunci adalah konsumsi.

"Kalau salah satu mesin ini mengalami gangguan maka pertumbuhan ekonomi akan di bawah target," katanya.?

Ia menilai pemilu akan berdampak positif bagi konsumsi rumah tangga karena banyak aktivitas yang akan bergerak, seperti pemesanan kaos, bendera, dan spanduk.?

"Kaitannya dengan pemilu dan pertumbuhan ekonomi, sepanjang pemilu dilakukan dengan baik maka akan berdampak positif bagi perekonomian," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar