Singkirkan Millman, Djokovic melaju ke semifinal AS Terbuka

id Petenis Serbia Novak Djokovic

Singkirkan Millman, Djokovic melaju ke semifinal AS Terbuka

Petenis Serbia Novak Djokovic . (REUTERS/USA TODAY Sports/Robert Deutsch)

New York (Antaranews Jateng) - Novak Djokovic harus bermandikan keringat dari baseline untuk mengalahkan petenis Australia John Millman dengan skor 6-3, 6-4, 6-4 di AS Terbuka pada Rabu dan menyiapkan pertandingan semifinal melawan petenis Jepang Kei Nishikori.

Djokovic, yang merupakan juara dua kali di Flushing Meadows, mengalami kesulitan dengan kelembaban di Stadion Arthur Ashe namun mampu menjaga ketenangannya, menyelamatkan break point yang ia hadapi pada set pertama dan menutup set pembukaan dalam waktu satu jam.

"(Saya) sangat diuji," kata Djokovic. "Selama hampir tiga jam. Sekarang sudah tengah malam. Kredit kepada John yang memberikan pertarungan ketat."

Millman terbiasa dengan cuaca panas di kampung halamannya di Brisbane, namun perlu meninggalkan lapangan untuk berganti pakaian saat kedudukan 2-2 pada set kedua, mengatakan kepada wasit bahwa ia tidak dapat menyimpan bola di sakunya karena celana pendeknya telah basah keringat.

Asosiasi Tenis AS mengatakan dalam pernyataannya bahwa keringat Millman yang menetes-netes menjadikan kelembaban yang ada di lapangan terlalu berbahaya untuk memainkan pertandingan di permukaannya.

"Pada malam-malam seperti ini, kelembaban menembus atap," kata Millman. "Ini sulit, namun ini situasi yang sama untuk kedua petenis. Keringat Anda menetes-netes."

"Namun itu bukan alasan atau apapun. Saya akan bermain di kolam renang jika saya harus bermain di perempat final setiap pekan di Grand Slam. Itu akan menyenangkan."

Millman, yang mengalahkan Roger Federer, di putaran sebelumnya, kembali setelah jeda sebentar namun tidak menemukan kegembiraan saat mengatasi serve Djokovic dan petenis Serbia itu mematahkan serve lawannya tersebut pada satu gim terakhir sebelum pertandingan usai sebelum kemudian menutup laga.

Pertandingan ini ditandai dengan reli-reli panjang, di mana 57 kali reli di antara kedua petenis ini merupakan pertukaran lebih dari sembilan pukulan.

"Saya kesulitan, ia kesulitan," tambah Djokovic. "Banyak berganti kaus, celana, dan berusaha untuk bertahan di sana dan menemukan cara untuk memenangi pertandingan."

"Bukan kondisi yang mudah untuk bermain di sini, namun sama saja bagi kedua petenis."

Djokovic mematahkan serve lawannya untuk unggul 3-1 pada set ketiga namun kehilangan konsentrasi yang membuat Millman dapat menyamakan kedudukan.

Petenis Serbia itu mendapat peringatan "time violation" dan double fault yang dilakukannya membuat Millman mendapatkan peluang break sebelum kalah pada serve pertamanya.

Kesalahan pukulan forehand yang dilakukan Djokovic membuat Millman menyamakan kedudukan menjadi 3-3, namun unggulan keenam itu mampu mendapatkan tiga break poin pada gim selanjutnya, mengonversi yang ketiga untuk menutup pertandingan yang berlangsung selama dua jam 48 menit ini, dan mengamankan tiket ke putaran selanjutnya dengan pukulan voli backhand.
 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar