Cara tepat memilih kuota internet

id cara tepat,memilih, paket internet

Cara tepat memilih kuota internet

Ilustrasi (ANTARA News/Arindra Meodia)

Semarang (Antaranews Jateng) - Pepatah yang menyebutkan hidup penuh pilihan, itu benar adanya seperti halnya saat warga harus menentukan kuota internet yang tepat, karena beragamnya tawaran dari para provider.

Di era melek teknologi sekarang ini, internet menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari karena banyak dimanfaatkan seperti untuk mencari nafkah (ojek dan toko daring) hingga akses mendapatkan hiburan.

Untuk menentukan kota internet yang tepat, salah satu cara yang dipilih bisa dengan mengenali lokasi terlebih dahulu karena berhubungan dengan kualitas sinyal dan kestabilan koneksi.

"Mbak...tinggal di mana, sering pergi ke tempat lain tidak?" tanya seorang petugas kios pulsa kepada calon pembeli yang bingung menentukan paket internet yang akan dipakainya.

Setelah mengetahui lokasi, maka akan mengetahui sinyal serta kestabilan koneksi dan langkah selanjutnya yang utama adalah menentukan paket internet tepat (harga terjangkau dengan mendapatkan sinyal dan koneksi seperti yang diinginkan).

Sebagai contoh enam provider yang  menjadi pilihan antara lain Telkomsel, 3, Axis, Indosat, XL, dan Smartfren dengan beragam layanan yang ditawarkan.

Perbandingan layanan dari masing-masing provider kali ini khusus dengan harga Rp50.000 hingga Rp60.000:

1. Telkomsel dengan Simpati Combo (gabungan antara paket kuota internet, 100 sms, dan paket nelpon 60 menit dalam satu kesatuan kartu). Khusus paket nelpon dan sms hanya khusus untuk sesama telkomsel, kuota 6GB, harga mulai 55ribu

2. 3 dengan Keep On harga Rp59ribu, paket telepon 100 menit dan 100 SMS ke semua operator, dapat digunakan di semua jaringan

3. Axis dengan AIGO atau Axis Internet on the Go (voucher fisik paket internet) harga Rp55ribu

4. Indosat dengan Unlimited 3GB, harga Rp50ribu, unlimited SMS, WA, LINE,FB, IG.

5. XL dengan XTRA Combo baru harga Rp59 ribu, 10GB (5GB+5GB Youtube) + 20 menit telepon ke semua operator

6. Smartfren dengan Super 4G Unlimited, paket internet yang ditawarkan mudah diingat yakni kuoto internet memberikan kuota unlimited full speed 1GB per hari atau total full speed 30GB/bulan, selain itu unlimited telepon ke sesama smartfren. Paket data Smartfren unlimeted full 4G 24 jam ini semula dibanderol Rp149 ribu, kemudian turun menjadi 60ribu dengan fair usage policy (FUP) atau pemakaian wajar kuota sebesar 1GB per hari dan kecematan koneksi maksimal.

Beragamnya pilihan paket internet tersebut, menjadikan masyarakat dituntut untuk lebih teliti dalam memilih sebelum membeli. Dari contoh perbandingan dengan harga yang relatif sama tetapi manfaat yang diperoleh berbeda seperti pada provider yang memberikan layanan unlimeted seperti 3, Indosat, XL dan Smartfren.

Meskipun layanan yang diberikan unlimited, masyarakat yang harus teliti seperti pada 3 unlimited selected (VIU/Genflix/KF); Indosat unlimited (selected app) Youtobe, Iflix, SPTFY; XL memberikan unlimited untuk Youtube tetapi hanya pukul 01.00-06.00; sementara Smartfren unlimitednya tidak ada batasan karena all access unlimited.

Banyaknya pilihan paket internet tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih pintar karena kebutuhan paket internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir semua generasi saat ini.
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar