Cuaca Buruk, Hati-Hati ISPA

id cuaca buruk hatihati ispa

Cuaca Buruk, Hati-Hati ISPA

Ilustrasi (ANTARA Foto/Wihdan Hidayat)

Pekalongan, ANTARA JATENG - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengimbau masyarakat waspada terhadap penyebaran infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) dan diare seiring dengan adanya kondisi buruk.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penaggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Tuti Widayanti di Pekalongan, Sabtu mengatakan dengan adanya kondisi cuaca ekstrem biasanya akan mudah membuat kondisi tubuh manusia turun.

"Sekarang ini memang cuaca relatif ekstrim sehingga kekebalan tubuh mudah menurun," katanya.

Ia mengatakan untuk mencegah terkena diare dan ispa, serta meningkatkan daya tahan tubuh maka sebaiknya seseorang harus cukup istrirahat dan makan makanan bergizi.

"Pemyakit ini biasanya akan mudah menyerang anak-anak. Oleh karena, kami minta pada orang tua waspada dan menjaga kesehatannya sendiri maupun pada anak-anaknya," katanya.

Menurut dia, diare juga bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit tipus sehingga masyarakat tidak meremehkan terhadap gejala penyakit itu.

Adapun gejala penyakit ini, kata dia, biasanya ditandai demam dan gangguan saluran pencernaan.

"Diare ditandai dengan dehidrasi (kekuarangan cairan). Dehidrasi berat inilah yang bisa menyebabkan yang bersangkutan meninggal dunia," katanya.
Pewarta :
Editor: Zuhdiar Laeis
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar