"Terkait dengan proyeksi permintaan elpiji maupun BBM (bahan bakar minyak) dari masyarakat selama Ramadhan 2014, Pertamina telah melakukan berbagai upaya untuk mengamankan stok bagi masyarakat,"
kata General Manager Pertamina MOR IV Jateng-DIY Subagjo Hari Moeljanto dalam siaran pers yang diterima Antara di Cilacap, Senin malam.

Menurut dia, stok sebanyak itu berkaca dari data tahun-tahun sebelumnya, sehingga Pertamina akan menyiapkan tambahan stok elpiji 3kg maupun BBM, mengingat aktivitas masyarakat dipastikan meningkat pada saat awal, pertengahan, hingga memasuki masa mudik dan akhir Ramadhan.

Selain itu, kata dia, Pertamina juga akan membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) untuk memonitor penyaluran elpiji dan BBM kepada masyarakat.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa beberapa langkah yang disiapkan Pertamina MOR IV dalam menjamin kelancaran distribusi elpiji 3kg, di antaranya menambah stok sebanyak enam persen atau 882.704 tabung per hari, dari kebutuhan normal harian pada Juni atau awal Ramadhan.

"Kami juga menambah stok sebanyak 12 persen atau 933.953 tabung per hari pada bulan Juli dari konsumsi rata-rata normal harian sebesar 883.887 tabung per hari," katanya.

Menurut dia, penyaluran elpiji 3kg di wilayah Pertamina MOR IV hingga bulan Mei 2014 mencapai 108.328.980 tabung atau mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2013.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024