"(Sosialisasi, red) nilai-nilai Pancasila jangan dilakukan dengan cara berat dan 'jadul'. Hari gini suruh mikir ideologi dengan cara yang berat ya tidak bisa," katanya di Semarang, Senin.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat menerima rombongan studi strategis dalam negeri (SSDM) program pendidikan singkat angkatan (PPSA) XIX Lembaga Pertahanan Nasional Tahun 2013 di ruang rapat gubernur.

Sebagai implementasi nyata sosialisasi nilai-nilai Pancasila, Ganjar mengaku sudah berbicara dengan musisi Ahmad Dhani untuk menggelar festival band dengan tema tentang Pancasila.

"Saat berkunjung ke kediamnnya, saya sudah minta Ahmad Dhani untuk menilai (festival banda, red) dan dia menjawab mau," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Ganjar mengungkapkan, Ahmad Dhani telah menciptakan sebuah lagu rock tentang Pancasila.

"Tapi sayangnya lagu itu tidak terlalu laku untuk didengarkan, makanya saya mikir untuk menggelar festival band sebagai salah satu bentuk sosialisasi nilai-nilai Pancasila," katanya.

Terkait dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2013, Ganjar mengaku telah memerintahkan jajaran Hubungan Masyarakat Pemerintah Provinsi Jateng untuk mengganti tema peringatan pada baliho-baliho dengan "Jujur dan Antikorupsi Adalah Pancasila".


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024