"Fun Vii pertama kali dikembangkan dua tahun lalu di Jepang karena keprihatinan Toyota karena anak-anak muda lebih tertarik pada gadget dibandingkan produk otomotif," kata GM Pengembangan Perusahaan dan Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati di arena IIMS 2013, Senin.

Dari keprihatinan itu, Toyota kemudian mengembangkan sebuah mobil konsep bertema "Reborn: Fun to Drive Again" bernama Fun Vii, kependekan dari Fun Vehicle Internet Interactive.

Fun Vii merupakan mobil listrik yang bisa mengaplikasikan ponsel cerdas. Pengisian ulangnya pun dibuat semirip mungkin dengan ponsel cerdas.

"Fun Vii dilengkapi dengan layar LED di bagian eksterior sehingga memungkinkan pemiliknya mengubah warna atau tema tampilan sesuai yang ada di ponsel cerdas," kata GM Layanan Teknis TAM Dadi Hendriadi.

Tak hanya eksteriornya, interior Fun Vii juga dapat digunakan untuk menampilkan pesan, "multi-information display" tiga dimensi, serta "reality navigator".

"Sebagai fitur keamanan, Fun Vii juga dilengkapi dengan 'biometric authentication' yang bisa membaca bentuk muka pemiliknya. Fun Vii juga bisa memindai keadaan sekelilingnya sehingga bisa mendeteksi adanya pencuri," tuturnya.

Saat ditanya kapan mobil itu akan diproduksi dan dijual secara massal, Widyawati mengatakan Toyota masih akan mengembangkan Fun Vii generasi kedua yang akan dipamerkan di Toyota Motor Show November mendatang.

"Toyota sendiri menargetkan Fun Vii bisa diproduksi dan dijual secara massal pada 2020," ujar Widyawati.

Pewarta : Antaranews
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024