"Selama ini pengusaha dan pekerja konstruksi Jateng sudah memberikan kontribusi besar pada perekonomian masyarakat setempat dan nasional sehingga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diharapkan dapat memberikan perhatian yang lebih baik pada Gapensi," kata Ketua Umum DPP Gapensi Soeharsojo di Pemalang.

         Menurut dia, selama ini banyak pekerja konstruksi Jawa Tengah bekerja di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan negara Timur Tengah dengan hasil kualitas pekerjaan yang memuaskan dan mendapatkan apresiasi dari para pengusaha dan pemilik bangunan di negara setempat.

         "Oleh karena itu, jika  para pekerja itu diberikan perhatian yang lebih baik, seperti diberikan pelatihan maka jenjang karir mereka pada masa depan akan lebih baik," katanya Jumat.

         Ia mengatakan pemberian pelatihan secara intensif pada bidang skil teknik membangun yang baik dan manajemen ini diharapkan masyarakat Jawa Tengah yang selama ini bekerja sebagai asisten tukang dapat  beralih menjadi tukang.

         Sedangkan mereka yang tukang, kata dia, dapat meningkat menjadi mandor dan selanjutnya bisa belajar menjadi kontraktor.

         Ia mengatakan mereka yang selama ini sudah menggeluti usaha pada bidang konstruksi dengan membuka perusahaan kontraktor bangunan dapat terus ditingkatkan agar perusahaan kontraktor skala menengah dan mitra dari perusahaan kontraktor besar.

         "Selama ini masyarakat konstruksi, seperti gapensi sudah memiliki lembaga dan program meningkatkan keahlian para pelaku usaha jasa konstruksi. Akan tetapi, mereka akan memiliki kualitas pekerjaan yang jauh lebih baik jika gubernur memberikan perhatian yang lebih banyak dan lebih," kata alumnus Fakultas Teknik Universitas Diponegoro ini.

         Ia meminta pada pengusaha Gapensi bisa melakukan pendekatan yang baik pada Gubernur Jateng agar bisa memberikan perhatian sekaligus bekerjasama membantu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang konstruksi.

         "Saya menghimbau pada BPD Gapensi Jawa Tengah dan BPC dapat segera melakukan pendekatan sekaligus memberikan penjelasan yang benar tentang masyarakat dan pekerja, serta pelaksana kontruksi pada gubernur," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024