Pelatih Rasmanudin, Budi Wizon ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan bahwa berat badan Rasmanudin sekarang ini adalah 56 kilogram, sedangkan berat ideal di kelas bantam super adalah 55,3 kilogram.

"Kami harus menurunkan berat Rasmanudin hingga 7 ons. Akan tetapi, itu tidak masalah karena masih ada waktu hingga acara timbang badan pada tanggal 5 Juli mendatang. Saya optimistis Rasmanudin bisa mencapai berat badan ideal di kelasnya," katanya menegaskan.

Ketika ditanya soal fokus latihan sekitar sepekan sebelum bertarung melawan juara kelas bantam super Australia mendatang, dia mengatakan, sampai kini, masih tetap fokus pada latihan teknik.

"Kami masih fokus pada latihan teknik dan masih sekali lagi menjalani latihan dengan 'sparring partner' juara dunia kelas bulu IBF Jacson Asiku. Kami ikuti program yang sudah diatur oleh manajemen kami, Dragon Fire, dengan di bawah bimbingan pelatih Craig Christian," katanya.

Craig Christian adalah pelatih sekaligus manajer pemegang gelar super champion kelas bulu WBA Chris John. Rasmanudin menjalani latihan lanjutan di Sasana Herry's Gym di Perth, Australia, untuk menghadapi Jason Cooper pada pertarungan perebutan gelar juara IBO Asia Pasifik di negara tersebut pada tanggal 6 Juli mendatang.

Rasmanudin yang memiliki rekor bertarung 17 kali menang (sembilan di antaranya dengan KO), tiga kali kalah, dan dua kali seri tersebut bakal menghadapi juara nasional kelas bantam Australia yang memiliki rekor bertarung enam kali menang (tiga kali di antaranya dengan KO), sekali kalah, dan sekali seri tersebut pada pertarungan perebutan gelar IBO Asia Pasifik yang lowong.

Pertarungan kedua petinju (Rasmanudin dan Jason Cooper) yang berlangsung selama 10 ronde tersebut menjadi salah satu partai tambahan pertarungan utama antara mantan juara dunia IBO Daud Yordan melawan petinju Argentina Daniel Eduardo Brizuela di Perth, Australia, 6 Juli mendatang.

Rasmanudin dari Sasana Sindoro Semarang tersebut pernah menjadi salah satu partai tambahan pertarungan utama antara pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John melawan Satoshi Hosono (Jepang) dan Daud Yordan melawan Simpiwe Vetyeka (Afrika Selatan) di Jakarta, 14 April 2013.

Pada saat itu Rasmanudin berhasil menang KO ronde pertama (dari enam ronde yang direncanakan) atas petinju Tanzania Jay Jay Ngotiko.

"Setelah itu, Rasmanudin melanjutkan latihan fisik sehingga selama di Australia ini lebih fokus pada latihan teknik," katanya.

Pewarta : -
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024