BUMN peserta tersebut di antaranya PT Semen Indonesia (Persero)Tbk, Perusahaan Gas Negara, PT Petrokimia Gresik, PT Pos Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Perkebunan Nusantara XI, PT Perkebunan Nusantara XII, PT PAL, PT Telkom, dan Perhutani.

Sebagai puncak acara digelar Senam & Jalan Sehat Dahlan Iskan Style.

Senam & jalan sehat Dahlan Iskan Style bertajuk ”Sehat Demi Indonesia” hari ini diikuti oleh 10.000 peserta di Gresik, baik dari karyawan perusahaan semen terbesar di Indonesia itu maupun masyarakat Gresik, Surabaya, dan sekitarnya. Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain, Menteri BUMN Dahlan Iskan, jajaran direksi Semen Indonesia, serta jajaran direksi dari sejumlah BUMN lain. Senam & jalan sehat ini juga dilaksanakan secara serentak di 42 kota di Indonesia yang diharapkan akan mendapatkan pengukuhan Rekor MURI.

”Kami sengaja menggelar BUMN Innovation Expo untuk menggelorakan semangat berinovasi di kalangan BUMN sekaligus menunjukkan bahwa BUMN-BUMN, termasuk Semen Indonesia, mempunyai budaya inovasi yang tinggi untuk menciptakan nilai tambah demi meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Dwi dalam keterangan tertulis yang diterima di Semarang, Senin.

Semen Indonesia sendiri setiap tahun juga menggelar Semen Indonesia Award on Innovatioan yang merupakan kompetisi inovasi di lingkungan grup perusahaan, yaitu Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, Thang Long Cement Vietnam, dan anak-anak perusahaan lainnya.

Meningkatkan Sinergi BUMN
Di sela-sela acara BUMN Innovation Expo juga akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama pemanfaatan lahan antara PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dengan PT Perkebunan Nusantara X (Persero) atau PTPN X serta penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dengan PT Pos Indonesia (Persero). Kerja sama ini merupakan bagian dari sinergi BUMN yang saat ini sedang digalakkan oleh Kementerian BUMN.

Dengan PTPN X, Semen Indonesia bersinergi dalam hal penggunaan lahan. Lahan nonproduktif milik Semen Indonesia seluas 199 hektar di Kabupaten Bangkalan akan dimanfaatkan oleh PTPN X untuk pengembangan investasi. Tambahan lahan di Pulau Madura tersebut sangat penting artinya bagi upaya menopang perwujudan ketahanan pangan.

Adapun dengan PT Pos Indonesia, Semen Indonesia bekerja sama dalam hal layanan pengiriman surat/dokumen dan barang. Semua kepentingan jasa pengiriman di lingkungan Grup Semen Indonesia akan dilayani oleh PT Pos. Selain itu, Semen Indonesia juga akan menggandeng PT Pos dalam hal pemasaran. Kepentingan pemasaran Semen Indonesia akan didukung PT Pos melalui jaringan distribusi yang dimiliki oleh BUMN jasa logistik tersebut.

Dwi berharap sinergi Semen Indonesia dengan dua BUMN tersebut bisa menghasilkan nilai tambah yang optimal bagi bisnis BUMN sendiri maupun bagi perekonomian masyarakat secara umum.

”Ke depan, sinergi BUMN ini akan terus kami tingkatkan agar semua sumberdaya di masing-masing BUMN bisa dikerjasamakan untuk memberi manfaat maksimal bagi perekonomian masyarakat. Ujung-ujungnya adalah penciptaan lapangan kerja baru dan pengentasan kemiskinan,” kata Dwi.

Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Dwi menambahkan, acara BUMN Innovation Expo tersebut juga diisi dengan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR). Perseroan memberikan bantuan untuk pembangunan sejumlah fasilitas, mulai dari fasilitas keagaaman, pendidikan, pengairan, hingga olahraga. Terdapat enam bantuan yang dikucurkan perseroan senilai total Rp 2,21 miliar.

Bantuan diwujudkan dalam bentuk perbaikan tanggul penahan tanah bantaran sungai di Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban senilai Rp 125 juta; pembuatan lapangan olahraga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban senilai Rp 430 juta; dan normalisasi saluran irigasi di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, sejumlah Rp 225 juta.

Selain itu, ada bantuan untuk pembangunan ruang kelas SMP Mambaul Ulum, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik sebesar Rp 250 juta; pembangunan rumah pintar senilai Rp 350 juta; dan renovasi Masjid Mambaul Falah sejumlah Rp 830 juta.

”Pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan ini adalah bentuk komitmen perseroan sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang bersama-sama masyarakat. Kami berpandangan bahwa pertumbuhan bisnis perseroan yang menggembirakan adalah berkat dukungan semua stakeholders, termasuk warga masyarakat. Maka menjadi kewajiban bagi perseroan untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat,” jelas Dwi. (Tz)

Pewarta : -
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024