Petinju dengan julukan The Dragon tersebut ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan, Satoshi memiliki gaya bertarung seorang "fighter" dan dirinya juga sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi gaya seperti itu.

"Saya siap meladeni gaya bertarung dia (Satoshi Hosoni), mau tarung jarak dekat siap, jarak jauh juga tidak masalah apalagi jangkauan pukulan saya dengan dia tidak jauh berbeda," kata petinju dengan rekor bartarung 48 kali menang (23 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri.

Di samping itu, kata istri mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati tersebut, tinggi badan dirinya dengan petinju Jepang juga hampir sama.

Chris John yang kelahiran 14 September 1979 tersebut memiliki tinggi badan 169 centimeter, sedangkan Satoshi Hosono yang kelahiran 6 November 1983 tersebut memiliki tinggi badan 170 centimeter.

Yang jelas, kata petinju yang sudah hampir 10 tahun memegang gelar juara dunia kelas bulu WBA tersebut, dirinya harus menyiapkan fisik dan stamina yang prima saat bertarung melawan petinju Jepang tersebut.

"Dia (Satoshi Hosono) memiliki stamina dan fisik yang bagus sehingga saya juga harus menyiapkan stamina dan fisik yang prima," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelar saat menang angka atas petinju Thailand Chonlatarn Piriyapinyo di Singapura, 9 November 2012.

Pertarungan melawan Satoshi Hosono mendatang merupakan ke-18 kali bagi Chris John untuk mempertahankan gelarnya setelah merebutnya dari tangan petinju Kolombia Oscar Leon melalui pertarungan ad-interim di Bali, 26 September 2003.

Dari 17 kali pertarungan sebelumnya yang dijalani ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut, lima kali melalui pertarungan wajib "mandatory fight" dan 12 kali melalui pertarungan pilihan.

Lima kali pertarungan wajib yang dijalani Chris John adalah melawan Joese Cheo Rojas (Venezuela), Derrick Gainer (Amerika Serikat), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Bahkan usai bertarung melawan Hiroyuki Enoki di Korakuen Hall, Tokyo Jepang, 24 Oktober 2008, Chris John mendapat gelar Super Champions karena berhasil mempertahankan gelar sebanyak 10 kali tanpa putus.

Pewarta : -
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024