"Saya sudah memberitahukan kepada pengurus Persis, jika tetap mengadakan Musyawarah Cabang sebelum ada rekomendasi dari pusat, saya akan menuntut mereka," kata Rudyatmo yang juga sebagai Wali Kota Surakarta itu di Solo, Jumat.

Rudyatmo meminta kepada kedua pengelola tim Persis Solo yang mengikuti kompetisi baik Liga Primer Indonesia Sportindo (LPIS) maupun Liga Indonesia (LI) untuk menunggu keputusan pusat atau PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia.

Menurut Rudyatmo, jika pengurus Cabang PSSI atau klub-klub internal tetap nekat akan menyelenggarakan Muscab dipersilakan. Namun, dirinya dipastikan akan menuntut siapa yang bertanggung jawab menggelar Muscab itu.

"Wakil Sekretaris Pengcab PSSI Surakarta Danang Prabowo yang sebelumnya menyampaikan kehendak dari 26 klub internal untuk segera digelar Muscab dipersilakan. Kami akan menuntut mereka. Karena, sebelum ada keputusan PSSI pusat, saya masih sebagai ketuanya," kata Rudyatmo.

Menurut dia, pihaknya akan komitmen tetap memegang legalitas, tetapi jika PSSI juga kurang melakukan komunikasi ke bawah lebih baik Persis tidak mengikuti kompetisi dan menunggu keputusan pemerintah.

Rudyatmo menjelaskan, pihaknya sangat mendukung komentar Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo yang akan membubarkan baik PSSI maupun Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) jika tidak bisa bersatu.

"Saya setuju jika Menpora membubarkan keduanya dan dibentuk pengurus baru demi merah putih. Kami akan mendukung Menpora sehingga sepak bola Indonesia ke depan bisa berkembang," katanya.

Menurut Rudyatmo, coba dibayangkan sebuah Timnas Indonesia dalam pertandingan uji coba bisa dikalahkan dengan klub Semen Padang. Hal ini, sudah dapat disimpulkan bahwa sepak bola nasional sudah hancur karena yang mempunyai kepentingan tertentu.

Jika keduanya dibubarkan, maka Pemerintah melalui Kemenpora akan mengendalikan langsung soal persepakbolaan Indonesia dan kompetisi profesional juga hanya satu. Sehingga, sepak bola negara ini ke depan baru bisa fokus dan maju.

Oleh karena itu, pihaknya meminta Tim Persis Solo pada musim kompetisi tahun ini, yang mengikuti hanya satu tidak boleh dua, sehingga masyarakat atau suporter tak bingung memberikan dukung.

"Kami hanya menyarankan kita tetap menunggu dulu kondisi pusat bagaimana. Tim yang maju kompetisi harus memiliki sponsor yang mampu memberikan dana selama satu musim," katanya.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024